Cara Membuat Kerajinan Dari Bahan Triplek

Kerajinan dari bahan triplek mempunyai tempat tersendir bagi pecinta kerajinan kayu, kerajinan dengan bahan kayu memang mempunyai nilai estetika yang untuk para pecinta kayu, berbeda dengan kerajinan dari bahan plastk atau kerajinan pabrikan.

kreasi triplek bekasDi era 80an sampai dengan era 90an ada pelajaran sekolah yang paling banyak di tunggu-tunggu oleh sebagian besar murid, yaitu pelajaran keterampilan, Jika kamu ada di masa itu pasti ingat dong! Biasanya para murid akan menjadi seperti superhero yang dapat membuat peralatan apa saja yang dibuat dari bahan yang seringkali di sepelekan, salah satu bahan kayu atau triplek. Murid-murid seperti tukang sulap yang dapat merubah sebuah benda yang tadinya di remehkan menjadi sebuah karya seni yang berbeda.

Mungkin di jaman sekarang, Jaman dimana era teknologi berkembang sangat cepat sudah tidak ada lagi minat untuk membuat kerajinan dari bahan-bahan yang setiap hari kita jumpai. Banyak orang mungkin lebih senang membeli produk jadi, seperti kerajinan plastik yang dibuat oleh pabrik. Padahal kerajinan dari barang bekas, kalau kita mau sedikit meluangkan waktu untuk membuatnya, kita akan menemukan berbagai ide untuk menghasilkan karya kerajinan dari barang bekas yang sangat berkualitas dan mempunyai nilai jual tinggi.

Yang paling mudah kita temukan adalah bahan dari triplek, kita bisa membuat berbagai macam kerajinan dari triplek dari biaya yang bisa di bilang murah meriah, dibandingkan membeli produk jadi pabrikan yang biasanya impor dari china.

Cara membuat kerajinan tangan dari kayu triplek tidak terlalu sulit, Apalagi kayu adalah bahan yang cukup mudah di jumpai. Kamu bisa membelinya ke tukang-tukang yang biasanya mengerjakan pekerjaan proyek atau kamu bisa juga membeli langsung ke toko bangunan atau toko material.

Kerajinan sederhana dari triplek akan menjadikan kamu menjadi lebih kreatif. sebenarnya bukan triplek saja sih yang bisa kita manfaatkan untuk dibuat sebuah kerajinan. Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari bambu, bambu juga cukup mudah ditemukan di toko-toko bangunan.

Oke, kita langsung saja membuat kerajinan tangan dari kayu triplek, kamu juga bisa memanfaatkan triplek bekas di gudang rumah kamu.

Peralatan:cara membuat kerajinan tangan dari kayu triplek

Keterangan:

  1. Pola Woodcraft
  2. Kertas Carbon Copy
  3. Hampelas halus
  4. Gergaji Triplek U (Manual) atau Gergaji Mesin Scroll Saw
  5. Mata Gergaji
  6. Triplek 3 mm
  7. Cutter, Pulpen, Penggaris, Penjepit kertas, Lem Super Glue.

Persiapan:

1.Ukuran Triplek yang digunakan 3mm, biasanya mempunyai P = 244 cm Lebar = 122cm. Sebaiknya agar lebih mudah potong dahulu menjadi ukuran yang lebih kecil atau sesuai dengan ukuran pola 21,5cm X 30cm (ukuran A4)

  • Triplek untuk jenis kayu Albasia bisa kamu potong dengan menggunakan cutter Agar lebih rapi hasil pemotongannya.
    Keistimewaan triplek albasia, kayunya berwarna agak putih dan lebih lentur sehingga memudahkan pada saat penyambungan antar potongan woodrcraft.
  • Triplek untuk jenis kayu meranti bahannya lebih keras sehingga harus dipotong dengan gergaji. Keistimewaannya bahannya lebih keras sehingga hasil kerajinannya lebih keras dan kualitas produk pun menjadi lebih awet.

2. Salin pola kerajinan ke triplek dengan menggunakan kertas Carbon copy.
kerajinan sederhana dari triplek
3. Agar gambar tidak bergerak pada saat dijiplak/salin gunakanlah penjepit kertas.
4. Untuk gambar pola dengan garis lurus kamu dapat menggunakan penggaris sebagai alat bantu.
5. Periksa dan pastikan semua gambar terjiplak/tersalin ke dalam lembaran triplek baru kemudian lepaskan penjepit kertasnya.

Proses Penggergajian

cara membuat kerajinan tangan dari kayu sederhana

  1. Gergaji dengan mengikuti alur pola, untuk garis pola yang posisinya ada didalam,Kamu harus membuat lubang kecil terlebih dahulu agar mata gergaji bisa dimasukkan ke dalamnya.
    Lubang bisa dibuat dengan menggunakan paku atau dengan cara di bor. (Bagi pemula biasanya akan sulit untuk menggergaji mengikutin garis pola, hal itu adalah wajar karena tangan kita masih kaku dan tekniknya pun masih belum sempurna, nanti setelah terbiasa hasilnya pasti akan bagus).
  2. Pada bagian sambungan antara potongan woodcraft, jangan dibuat melebihi 3mm, karena nantinya akan membuat longgar pada saat kerajinan woodcraft ini dirakit.
    Lebih baik digergaji lebih sempit, proses penyesuaiannya nanti dapat menggunakan cutter pada saat produk dirakit.
    Sambungan yang longgar akan mengakibatkan produk susah dirakit, dan mudah lepas. Jika lubang sambungan terlalu longgar nanti bisa menggunakan lem gun/lilin pada saat merakit agar produk tidak mudah lepas.
  3. Potongan-potongan yang sudah digergaji kemudian di hampelas agar lebih rapi dan halus hasilnya.
  4. Untuk hasil sempurna produk dapat di cat atau di plitur/vernish sehingga menjadi lebih artistik lagi.

Oke, Selamat mencoba dan berkarya!

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR