Barang-barang bekas yang memenuhi ruangan dan bikin suasasana ruangan jadi seperti kapal pecah karena banyak barang bekas, Kepikir dech biasanya buat manggil tukang loak. Ya kalau barang-barang itu masih laku dijual, Nah kalau nggak laku, paling-paling dibuang ke tong sampah.

Tapi, beda halnya kalau barang bekas ini dilihat oleh orang-orang kreatif, mereka akan memanfaatkan barang bekas ini menjadi barang yang bermanfaat dan mempunyai nilai tinggi. Barang-barang yang nggak kepake bisa dimanfaatkan untuk menghias atau mendekorasi rumah biar rumah lebih terkesan artistik dan unik. Apalagi tidak perlu modal alias tidak mengelurkan uang. Cara mendekorasi kamar dengan bahan sederhana yang ada dirumah itu tidak sulit dan sangat mudah dilakukan.

Baca juga:

Nah, bagaimana cara mendekorasi kamar dengan bahan sederhana atau barang bekas itu? Apapun bisa disulap jadi hiasan rumah yang membuat orang yang melihatnya merasa kagum. kamu bisa membuat hiasan dinding kamar tidur, Apalagi buat anak muda, kamar akan jadi lebih kece.

Kamu tinggal siapkan waktu aja buat memanfaatkan barang bekas tersebut. Berikut contoh barang bekas yang bisa kamu sulap jadikan dekorasi rumah yang kece.

Hiasan Lampu dari Kancing Baju

cara membuat hiasan dinding kelas dari barang bekas

Kalau kamu bosan dengan hiasan lampu yang gitu-gitu aja, Kamu bisa merubah nya menjadi lebih artistik lho. Biasanya kan hiasan lampu dari botol bekas, kali ini kita akan membuat hiasan lampu tapi bukan dari botol bekas. Tapi, kita aka membut hiasan lamput dari kancing. Untuk membuat hiasan lampu yang kece, manfaatkan kancing bekas dan pastinya bisa membuat ruangan kamu makin bermakna guys.

Bahan:

  • Hiasan lampu
  • Kancing berkas warna-warni dan berbagai ukuran
  • Lem

Cara membuat:

  • Bersihkan tudung hiasan lampu
  • Tempelkan kancing yang sudah diberi lem
  • Tempelkan kancing di lapisan tudung lampu
  • Tempelkan Kancing sesuai pola yang kamu ingikan

Hiasan Dinding dari Sendok atau Centong

cara mendekorasi kamar dengan bahan sederhana
Biasanya ada banyak tuh sendok-sendok yang numpuk dilemari, padahal jarang banget dipake, paling-paling kalau ada hajatan atau acara keluarga, Itupun belum tentu setahun sekali. Nah daripada numpuk di lemari, kamu bisa membuat hiasan dinding untuk ruangan kamu. Kamu bisa menaruhnya di kamar tidur atau ruang tamu. Kamu bisa membuat dekorasi yang unik dari sendok itu. cara buatnya gampang banget.

Bahan:

  • Sendok
  • Lem
  • Kanvas
  • Cat minyak warna

Cara membuat:

  • Bersihkan sendok
  • Tuangkan cat minyak di dalam wadah
  • Masukan sisi depan atau sebagian sisi sendok di ke dalam cat minyak
  • Tunggu sampai kering
  • Tempelkan sendok yang sudah dikasih lem ke kanvas

Meja Cantik dari Tumpukan Buku

hiasan kamar buatan sendiriPunya buku-buku tidak terpakai? Kenapa nggak di jadikan meja pajangan yang cantik.. Bikinya gampang banget kok. Tinggal kamu tumpuk-tumpuk aja buku itu.

Bahan:

  • Buku-buku yang nggak terpakai
  • Lem kertas
  • Triplek atau papan
  • Cat

Cara membuat:

  • Tumpuk buku sesuai yang kamu inginkan. Bisa ditumpuk rapi atau tak merata
  • Masing-masing tumpukan buku diolesi lem agar kuat dan nggak bergeser
  • Letakkan papan atau triplek di bagian atas
  • Cat papan itu sesuai dengan warna yang dikehendaki

Kamu juga bisa memanfaatkan kertas kardus dengan cara seperti diatas, sedikit kreatif tumpukan kertas itu bisa menjadi karya seni yang bernilai.

Vas Bunga dari Botol Bekas

vas bunga dari botol bekasInget nggak? Dulu itu botol masih laku kalau dijual sama tukang yang lewat didepan rumah seperti tukang abu gosok. Kalau sekarang sudah susah menjual botol, tukang abu gosok pun sekarang udah nggak mau beli, udah bikin berat tuh gerobak nggak ada nilainya lagi. Botol bekas seperti botol bekas saos, kecap dan lain-lain dibuang gitu aja.

Apalagi botol adalah sampah non organik yang susah diurainya. Hmmm.. Biasanya hiasan lampu dari botol bekas sering kita lihat, tapi botol yang digunakan buat lampu hias berbeda dengan botol saos atau kecap. kalau untuk membuat lampu hias dari botol bekas biasanya menggunakan botol dengan bentuk klasik, seperti botol minuman keras whisky atau wine.

Nah, manfaatkan botol bekas tadi menjadi dekorasi rumah, cara yang cukup bijak untuk mengurangi sampah beling. Caranya, jadikan botol bekas sebagai lampu hias.

Bahan:

  • Botol bekas
  • Cat
  • Tanaman

Cara membuat:

  • Bersihkan botol
  • Oleskan cat warna sesuaikan saja warna yang kamu suka (cat warna bisa kamu ganti dengan balon. Tinggal selimuti saja botolnya)
  • Isi dengan tanaman atau bunga hidup

Lampu Gantung Parutan

lampu gantung dari barang bekasKamu punya parutan yang berbentuk segi empat yang terbuat dari stainless steel? coba periksa dapur kamu, parutan yang sudah tumpul bisa dijadikan lampu hias. Nantinya cahaya lampu yang menembus lubang di sekeliling parutan menciptakan siluet yang indah di sekeliling ruangan. Cara buatnya mudah banget kok..

Bahan:

  • Parutan kotak dari stainless steel
  • Cat
  • Kabel
  • Pitting lampu
  • Bolham

Cara membuat:

  • Cat parutan dengan warna sesuai selera
  • Lubangi pegangan parutan sebagai jalan kabel
  • Pasang lampu bolam (Usahakan diameter bolham masuk dalam parutan)

Barang bekas nggak selalu selamanya penghuni tempat sampah. Dekorasi rumah dari barang bekas bisa menjadi ornamen yang unik dan menarik, cukup dengan sentuhan kreativitas.

SHARE
Dila Amalia
Tukang catat apapun yang ada di kepala dan hati. kangen dan rindu sama2 memiliki makna yang hanya tukang catat yang bisa mendeskripsikan. seneng jalan2, pasti :D

WHAT DO YOU THINK