Kerajinan Kayu Bekas yang Mempunyai Nilai Jual Tinggi

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat senang menggunakan kayu sebagai bahan furniture dari pada menggunakan furniture berbahan besi atau plastik. Namun dalam pembuatan furniture dari kayu terkadang ada banyak potongan kayu yang tidak terpakai dan tidak dimanfaatkan kembali.

Bahkan sisa kayu bekas tersebut tidak banyak digunakan lagi atau tidak jarang dipakai sebagai kayu bakar. Padahal jika dimanfaatkan dengan benar ini bisa di jadikan ide kreatif dari kayu bekas yang bernilai jual tinggi.

Baca juga:

Kerajinan apa saja yang bisa di hasilkan dari kayu bekas? Indonesian Free sudah merangkum beberapa kerajinan yang bisa di jadikan usaha yang menguntungkan dari kayu bekas. Berikut kerajinan dari kayu bekas yang bisa kamu buat sendiri di rumah dan bernilai jual tinggi.

1. Hiasan Dinding

kreasi unik dari kayu bekasSemain banyak pecinta nuansa vintage maka penggunaan hiasan-hiasan dinding vintage banyak diburu masyarakat. Hiasan dinding ini bisa berupa lukisan, mural atau hiasan lainnya yang bisa dibuat dari kayu bekas.

2. Kotak Pensil dan Kotak Perhiasan

kerajinan kayu bekas paletJika kotak pensil dan perhiasan biasanya terbuat dari plastik maka kamu bisa berkresi menggunakan kayu bekas. Selain bahannya yang mudah didapat dan murah, menggunakan kayu bekas sebagai bahan utama lebih hemat biaya produksi. Selain itu kamu bisa lebih leluasa berkreasi karena menggunakan kayu kamu bisa menambahkan ukiran di atasnya agar lebih mewah dan indah.

3. Topeng Hias

kreasi dari kayu bekasBerbeda dengan topeng untuk pentas yang membutuhkan waktu lama dalam pembuatan, pemilihan kayu yang tepat dan harus mengadakan ritual-ritual tertentu untuk setiap pembuatannya. Topeng hias bisa dibuat dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengadakan ritual-ritual tertentu.

Topeng hias bisa dibuat dengan menggunakan kayu bekas yang tidak terpakai lagi dan memiliki teksture kayu yang padat.

4. Ukiran Kayu

ide kreatif dari kayu bekasBonggol atau kayu dekat dengan akar seperti akar kayu jati biasanya tidak digunakan lagi, masyarakat hanya menggunakan kayu jati sebagai bahan pembuatan furniture dan membiarkan akar kayu jati tertanam di tanah. Nah buat kamu yang memiliki kretivitas tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kayu tersebut menjadi ukiran-ukirang yang bernilai jual tinggi.

5. Gantungan Kunci

kerajinan souvenir dari kayu bekasKerajinan kayu limbah yang mudah dalam proses pembuatannya dan juga bernilai jual tinggi adalah gantungan kunci. Kerajinan souvenir dari kayu bekas ini (Gantungan kunci) bisa dibuat dengan tulisan nama-nama daerah wisata seperti I LOVE SURABAYA, I LOVE BANDUNG, I LOVE BATU, I LOVE JOGJA, I LOVE BALI sering menjadi incaran para turis sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga dan teman-teman disana karena harganya yang relatif murah.

Meskipun harganya murah, namun jika kamu bisa membuat gantungan kunci dan memproduksinya maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan karena yang dibutuhkan hanya kreativitas. Sedangkan untuk bahan baku seperti kayu kamu bisa memanfaatkan kayu bekas yang tidak terpakai atau membeli di meuble dengan harga murah.

Kelebihan Menggunakan Kayu Bekas

  1. Kayu bekas salah satu bahan baku yang sangat mudah di dapat, kamu bisa membeli ke meubel atau ke tetangga yang sedang membangun rumah.
  2. Dari segi harga kayu bekas memiliki harga yang sangat murah di baning dengan kayu yang utuh. Bahkan kamu bisa mengambil secara cuma-cuma alias gratis karena kay bekas tidak di gunakan lagi.
  3. Walaupun kayu bekas tidak di hargai bahkan di buang-buang begitu saja, tapi kerajinan dari kayu bekas memiliki nilai jual yang sangat tinggi.
  4. Biasanya di tempat wisata, para turis dari mancanegara atau pengoleksi rela merogoh kocek yang dalam untuk sebuah kerajinan dari kayu seperti topeng hias, ukiran, patung dan lain sebagainya.
  5. Untuk menghasilkan suatu produk yang bagus tidak memerlukan banyak peralatan dan bahan. Hanya kreativitas dan keuletan yang di butuhkan untuk menghasilkan kreasi unik dari kayu bekas yang bernilai tinggi.

Nah itu tadi beberapa kerajinan dari kayu bekas yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah bahkan bisa dijadikan sebagi peluang usaha yang menguntungkan.

Artikel Menarik Lainnya:


BERIKAN KOMENTAR