Inilah 5 Tingkat Kepemimpinan dalam Organisasi yang Harus Kamu Tahu!

Tingkat kepemimpinanKemampuan untuk belajar yaitu kemampuan paling utama untuk seseorang pemimpin.
Tidak perduli apakah kamu seorang presiden, CEO, pedagang kaki lima, atau bahkan orangtua, ada satu hal yang tentu :

Namun saat kamu memutuskan untuk memimpin satu hal yang baru (sadar maupun tidak) – entah itu organisasi, perusahaan, keluarga, atau bahkan dirimu sendiri. Dari manakah kamu memulai? Akan dibawa ke manakah organisasi yang kamu pimpin?

Mengetahui tingkat kepemimpinanmu, dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi akan membuatmu jadi pemimpin yang sukses.  5 tingkatan kepemimpinan menurut john c maxwel adalah :

1. Tingkat 1 – Posisi

Tingkat kepemimpinan yang terendah yaitu kepemimpinan berdasar pada posisi. Tak tahu itu ketua, wakil ketua, CEO, dan banyak lagi. Jika kamu jadi pemimpin dan memimpin cuma karna tempatmu, tanpa ada hormat dari bawahanmu, jadi kamu ada di tingkat terbawah dari kepemimpinan.

So let’s improve!

2. Tingkat 2 – Aura

Tingkat kepemimpinan selanjutnya yaitu kepemimpinan yang ber-aura. Aura yang disebut di sini yaitu aura “kepemimpinan” yang ada pada dirimu hingga orang senangi dan tertarik padamu jadi pemimpin. Orang dengan tingkat kemampuan seperti ini umumnya gampang membuat kelompok baru, dan mudah buat anggotanya menurut padanya. Namun ingat, ini masih tetap tingkat ke dua loh!

3. Tingkat 3 – Produksi

Berikut tingkat kepemimpinan yang gagal diraih oleh banyak orang. Kepemimpinan tingkat produksi mengharuskan seseorang pemimpin dapat hasilkan suatu kerja nyata (politik banget ya hehe). Dengan menghasilkan satu hasil kerja yang nyata, jadi pemimpin di tingkat ini biasanya bisa memotivasi anggota-anggotanya untuk bekerja menghasilkan sesuatu yang nyata juga.

4. Tingkat 4 – Reproduksi

Menjangkau kepemimpinan tingkat 4 membutuhkan prinsip yang kuat. Mempunyai kemampuan kepemimpinan tingkat 4 berarti kamu bisa mengubah kemampuan seseorang (terlebih dalam soal kepemimpinan) jadi setara denganmu atau bahkan lebih baik. Inilah mengapa tingkat 4 ini dimaksud reproduksi.

CEO perusahaan-perusahaan besar, yakin atau tidak – juga dengan internal mengadakan kursus dan evaluasi kepemimpinan didalam perusahaannya. Tentunya untuk menghasilkan orang-orang yang kemampuan kepemimpinannya bahkan lebih dari CEO sebelumnya.

5. Tingkat 5 – Respek

Kepemimpinan tingkat 5 yaitu tingkat kepemimpinan yang paling sulit diraih. Kepemimpinan tingkat ini membutuhkan waktu, usaha, dan prinsip bertahun-tahun. Orang yang menjangkau kepemimpinan tingkat ini dihormati oleh nyaris semua orang di bidangnya. Setiap organisasi yang mereka buat yaitu organisasi tingkat tinggi, yang pastinya juga mendapat respek lebih di bidangnya.

Jadi contoh, Michael Jordan si pebasket legenda dari Amerika telah bertahun-tahun bermain di kompetisi basket tertinggi, NBA – dan buat rekor-rekor yang melegenda sampai saat ini, dia yaitu pemimpin tingkat 5 di bagian basket. Saat dia pensiun dan buat perusahaan sepatu ber-brand “Jordan”, brand itu langsung melejit dan bersaing dengan Nike dan Adidas sampai sekarang.

Kesimpulan

Mengetahui tingkatan dari kepemimpinan tidak dan merta membuatmu jadi pemimpin yang baik. Jadi pemimpin terbaik membutuhkan usaha, waktu, dan prinsip yang sama sekali tidak sedikit.

Tetapi, dengan pengetahuan dan kemampuan yang baik, kamu bisa meningkatkan kemampuan kepemimpinanmu dengan lebih cepat dan efektif.


BERIKAN KOMENTAR