Yakin Kamu Masih Hafal Butir-butir Pancasila, Nyatanya Banyak Akademisi Yang Gak Hafal Lho..

filosofi pancasila sebagai dasar negara
© wikipedia

Generasi sekarang selalu dipermudah oleh keadaan jaman. Semua serba mudah dan instant. Bagiamana tidak, Informasi apapun bisa kita dapatkan dengan hanya sekali klik pada mesin pencari. Perkembangan teknologi telah membawa perubahan sikap dan perilaku kita semua. Berikut Indonesian free akan coba memaparkan hal-hal terkait pancasila.

Perkembangan Jaman Saat ini Bisa Membuat Kita Terpecah Belah

Adanya media sosial didukung dengan teknologi yang canggih saat ini bisa membuat kita menjadi lebih mudah mendapatkan informasi, Tapi tahukah kamu bahwa perkembangan teknologi saat ini justru membuat banyak orang kehilangan jatidiri bangsa sekaligus nasionalisme yang hilang dimakan gaya hidup.

Banyak masyarakat yang menurut fakta sekarang sudah tidak hafal dengan butir-butir pancasila, Lebih parahnya lagi seorang akademisi tidak hafal butir-butir pancasila negara indonesia tercinta ini. Mau bukti? silahkan tanyakan ke teman kamu, Apa saja butir-butir pancasila dan makna yang terkandung didalamnya.

filosofi pancasila sebagai dasar negara
© mediatyche

Mereka akan hafal jika ditanya, berapa followers instagram, twitter dan media sosial lainnya. Mereka sangat mahir dan hafal dengan tombol-tombol yang ada di gadget mereka karena setiap hari digunakan untuk foto selfie untuk memamerkan aktivitasnya yang sebenarnya sebuah kamuflase semata.

Pancasila :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa,
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab,
  3. Persatuan Indonesia,
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Generasi saat ini sudah ter-kontaminasi dengan gaya hidup yang tidak stabil, Jika kita tidak cukup pintar untuk menyikapi perkembangan jaman saat ini, kita semua akan menjadi generasi yang keluar dari jalur-jalur pancasila sekaligus akan menjadi generasi bobrok etika atau sopan santun.

Mari kita cek apa-apa saja yang terkait dengan pancasila

Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Apakah kamu masih ingat makna filosofis yang terkandung dalam Burung Garuda? Indonesian free coba mengingantkan kembali :

  • Warna keemasasnnya melambangkan kejayaan dan keagungan
  • Garuda menoleh kekanan melambangkan kebaikan
  • Bulu pada burung Garuda menyimbolkan momen kemederkaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

17 helai pada setiap sayap, 8 helai pada ekor, dan 19 helai pada pangkal ekor, dan 45 helai pada bagian leher. Tameng yang dibawa oleh Garuda melambangkan pertahanan, perjuangan, dan perlindungan diri.

Ternyata, Selain Indonesia, Lambang Burung Garuda Juga digunakan Sebagai Lambang Negara Thailand Juga Lho..

arti lambang garuda pancasila
© wikiwand

Selain Amerika dengan Bald Eagle-nya, ternyata Thailand juga memakai Garuda sebagai lambang negaranya. Perbedaanya adalah dari segi bentuk jelas berbeda dengan Garuda Indonesian Tercinta. Garuda menatap ke depan dan memiliki tangan dan tubuh manusia menjadi salah satu lambang Di Krut Pha.

Setiap titiknya yang terkait dengan negara pasti tidak diciptakan begitu saja memiliki makna dan filosofi dari hasil pemikiran para pendiri bangsa. Yuk kita  mengamalkannya butir-butir Pancasila.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...