Kuis : Seberapa Sadar Diri Kamu Terhadap Diri Sendiri? Temukan Jawabannya Sekarang!

kesadaran diri dalam psikologi,

Kesadaran diri dalam psikologi digambarkan sebagai pengetahuan sadar akan karakter, keinginan, emosi, dan motif kamu terhadap diri sendiri. Manfaat kesadaran diri adalah kamu dapat memperbaiki hubungan dengan orang lain maupun dengan diri kita sendiri, meningkatkan kemampuan untuk mencapai impian kita, dan memiliki kehidupan yang lebih bahagia secara keseluruhan.

Kalau kamu sudah sangat mengenal diri kamu, kamu pasti dapat memahami dari mana pikiran dan emosi yang membawa kamu. Ini adalah langkah penting untuk mengubah sikap kamu, mengubah bagaimana kamu bekerja, mengubah kamu dalam hubungan dan mencapai impian kamu, dan persepsi kebahagiaan yang sesungguhnya.

Ikuti Kuis Ini Ya..

Kuis ini dapat membantu kamu untuk mengehathui seberapa sadar diri kamu terhadap diri sendiri. Jawablah pertanyaan singkat di bawah ini untuk melihat seberapa sadar diri kamu terhadap diri kamu sendiri. Jawablah pertanyaan ini dengan sejujur mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ayo, ambil kertas dan tandai dengan poin sesuai dengan dirimu ya..

Tandai poin berikut ini:

Tidak sama sekali (1 poin), Jarang (2 poin), Kadang-kadang (3 poin), Sering (4 poin), Sangat sering (5 poin)

  1. Saya bisa mengenali emosi saya dan mampu mengendalikan diri saat saya emosi.
  2. Saya menjadi pendengar yang baik ketika rekan saya sedang berbicara.
  3. Saya kehilangan kesabaran saat saya merasa frustasi.
  4. Saya berusaha untuk membangun hubungan baik dengan orang lain.
  5. Orang-orang mengatakan bahwa saya pendengar yang baik.
  6. Saya kesulitan untuk membaca emosi orang lain.
  7. Saya tahu bagaimana menenangkan diri saat saya merasa kesal atau cemas.
  8. Saya menetapkan tujuan jangka panjang dan selalu memilikirkan dengan jangka panjang.
  9. Saya bergaul dengan suatu kelompok  dan organisasi.
  10. Saya meminta saran dan kritik kepada orang lain terhadap tindakan yang saya ambil dan bagaimana saya bisa memperbaiki diri.
  11. Saya merasa kesulitan untuk fokus pada hal-hal jangka panjang.
  12. Saya tidak menikmati pekerjaan saya.
  13. Saya malas beraktifitas saat saya sedang frustrasi atau kesal.
  14. Saya tahu kekuatan dan kelemahan saya.
  15. Saya menghindari konflik dan negosiasi.

Hitung skor kamu dari semua pertanyaan. Tentukan skor dan lihatlah di dalam kategori mana kamu berdada. Check this out!

15-34 Poin – Kamu harus lebih mengenal terhadap diri kamu sedniri. Mungkin kamu merasa terbebani dengan emosi kamu, terutama dalan situasi yang sangat sulit atau penuh tekanan. ┬áHal ini dapat menyebabkan kamu menghindari semua konflik tanpa adanya penyelesaian, berjuang untuk tenang saat sedang kesal dan berusaha dalam sebuah hubungan.

35-55 Poin – Kesadaran diri kamu cukup baik. Mungkin kamu masih terbebani oleh emosi dan kadang menghindari sebuah konflik. Tapi kamu tidak menghindari semua konflik! Kamu memiliki hubungan baik dengan beberapa rekan tetapi berbanding terbalik dengan kerjaan kamu.

56-75 Poin – Kamu memiliki kesadaran diri yang sangat baik! Yeay! kamu sangat memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang. Kamu juga sering membantu seseorang jika di mintai saran akan suatu masalah. Kamu juga mampu mencapai target dalam pekerjaan dan hidup. Dan yang lebih penting kamu adalah tipe orang yang sangat bersyukur ketika kamu bisa mencapai suatu tujuan.

WHAT DO YOU THINK