Baru Tahu! Ternyata Perusahaan Sepatu Bata Bukan Produk Dalam Negeri..

sejarah perusahaan sepatu bata
© bata

Pasti kamu sudah sering mendengar merk sepatu bata bahkan mungkin kamu sudah pernah membeli sepatu bata. Bata adalah sebuah merk sepatu yang sudah lama berada di indonesia.

Sepatu Bata di Indonesia sejak 1931, Bertahun-tahun merk sepatu bata ada di Indonesia, Mungkin kamu pernah berpikir bahwa Bata adalah produk dalam negeri, karena keberadaannya yang sudah lama di indonesia. Tapi ternyata kita semua salah. Pabrik pertama sepatu ini berlokasi di Kalibata, Jakarta Selatan. Jadi, banyak orang yang mengira nama Bata diambil dari nama kawasan itu.

pendiri sepatu bata tomas bata
© bata

Merk Bata diambil dari  Tomas Bata, yaitu pendirinya. pengusaha asal Cekoslovakia. Nama Kalibata sendiri punya sejarah lain. Konon nama itu muncul karena sungai di kawasan daerah itu sering dilalui rakit pembawa batu bata dari Bogor menuju Jakarta.

Sepatu Bata masuk ke indonesia sejak 1931 melalai jalur impor, didatangkan dari Singapura (dulu Malaya). Pengimpornya adalah perusahaan penyalur sepatu NV Nederlandsch-Indische di kawasan pergudangan Tanjung Priok. Lalu 6 tahun kemudian, Tomas Bata sang pemilik, membangun pabrik raksasa di tengah-tengah perkebunan karet di Kalibata.

pendiri sepatu bata
© bata

 

Pada 2008 mereka memindahkan pabrik dan pusat distribusi dari Kalibata ke Purwakarta. Bata kini mengeluarkan merek alternatif seperti North Star, Power, Bubblegummers, dan Marie-Claire.

Kini merk sepatu bata mengembangkan produknya yaitu mempruduksi sepatu safety atau sepatu keselamatan kerja dan sudah menyebar ke beberapa negara.


BERIKAN KOMENTAR