5 Tips Menggunakan Google Search Secara Efektif, Efisien dan Akurat

Saat ini jutaan orang menggunakan google search setiap harinya dengan berbagai alasan. Dari anak sekolah, pebisnis, dan mayarakat umum. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mesin pencari google sekarang menjadi sebuah kebutuhan. Dengan menggunakan search engine google ini, semua orang menjadi dimudahkan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Meskipun tidak sedikit yang menggunakan mesin pencari google untuk kepentingan yang tidak baik, Namun sekarang kita tidak akan membahas kejahatan-kejahatan yang ada diinternet. Kita akan mengulas beberapa hal yang masih jarang orang tahu dalam menggunakan mesin pencarian google.

Langkah langkah menggunakan search engine google secara efektif perlu sosialisasikan agar bisa memudahkan kita dalam mencari informasi menggunakan search engine.

Berikut ini adalah tips menggunakan google search secara efektif untuk memaksimalkan efisiensi pencarian kamu.

1. Gunakan tab

tips menggunakan google searchTips pertama adalah menggunakan tab di google search. Di bagian atas setiap pencarian ada bebarapa tab. Biasanya akan terdapat menu tab seperti akan All, Image, Videos, Maps, News, and More.

Dengan menggunakan tab ini, Dapat membantu kamu untuk menentukan jenis penelusuran yang diperlukan atau sesuai dengan relevan pencarian kamu. Jika kamu sedang mencari gambar gambar, gunakan tab Image.

Jika kamu mencari artikel atau berita terbaru, gunakan tab News (berita). Fitur tab ini belum banyak digunakan banyak orang. Dengan menggunakn fitur tab yang ada di google search, akan sangat memudahkan untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan dan yang pasti akan mempersingkat waktu.

2. Gunakan tanda petik (“)

tips menggunakan google searchSaat mencari sesuatu yang spesifik, coba gunakan tanda kutip untuk meminimalkan pencarian yang tidak relevan atau tidak ada hubungannya dengan informasi yang kamu butuhkan.

Contohnya jika kamu kamu tidak menggunakan tanda petik, saat kamu mencari “penyebab timbulnya jerawat”, yang keluar bukannya artikel yang membahas tentang “penyebab timbulnya jerawat” tapi malah banyak yang pada jualan obat jerawat. Ini cukup membantu untuk pencarian-pencarian yang spesifik dan relevan dengan konten yang ingin kamu cari.

3. Gunakan tanda hubung (-) untuk mengecualikan kata-kata

tips menggunakan google searchTerkadang saat kamu sedang mencari sesuatu di google search, Mungkin kamu menemukan kata yang bermakna ambigu. Contohnya kalau kamu mengetik kata “Nike” mungkin kamu akan menemukan Nike Ardila atau Sepatu Nike. Lihat contoh dibawah ini.

  • Nike -Ardila

Hasilnya nanti kata Ardila akan terhapus di google search dan kamu akan menemukan berbagai macam sepatu Nike. Perhatikan tanda sambung bukan ditengah kata ya, tapi dipinggir kiri yang dikecualikan, lihat contoh Nike -Ardila, bukan Nike – Ardila.

4. Gunakan titik dua (:) untuk mencari situs tertentu

tips menggunakan google searchMungkin kamu ingin mencari konten atau artikel dari situs tertentu di google search. Kamu tinggal menggunakan syntax yang sederhana, contoh kamu ingin mencari artikel atau konten di situs web tertentu, kamu tinggal menambahkan titik dua. Contohnya kamu ingin mencari kasus racun kopi jessica di situs detik.com, lihat contoh dibawah ini.

  • Kasus racun kopi jessica site:detik.com

Cara ini akan menemukan semua konten yang berhubungan dengan kasus jessica di situs detik dot com. dan semua hasil pencarian lainnya yang bukan kasus jessica tidak akan muncul alias terhapus dengan sendirinya oleh google search.

Kalau kamu ingin mencari konten atau artikel yang spesifik, dan sudah dipublikasikan 6 bulan yang lalu oleh detik dot com, tidak mungkin kamu mengecek satu-satu di situs detik dot com, sebulan juga belum tentu ketemu tuh artikel yang kamu cari. Nah, untuk memudahkan gunakan tips titik dua ini kalau kamu mencari artikel yang spesifik.

5. Temukan halaman yang tertaut ke halaman lain

tips menggunakan google searchDengan tips ini kamu bisa tahu siapa saja atau situs mana yang mengutip artikel dari situs kamu atau situs yang kamu inginkan. Contoh kalau kamu ingin melihat situs mana saja yang sudah mengutip artikel dari detik dot com, kamu bisa menggunakan cara ini untuk melihatnya, lihat contoh dibawah ini.

  • Link: detik.com

Cara ini akan melihat situs-situs mana saja yang memiliki link keluar atau mengutip artikel dari detik dot com. Dengan cara ini kamu bisa melihat apakah situs yang mencopy artikel melakukannya sesuai undang-undang cyber. Cara ini mirip cara no.3 diatas, Titik dua (:) bukan di tengah kata, tapi dipinggir kanan dari  kata link. Lihat contoh link: detik.com bukan link : detik.com

Semoga tips memaksimalkan google search diatas bisa bermanfaat ya. Sebenarnya masih banyak lagi tips menggunakan google search ini, untuk tips-tips yang lainnya akan saya ulas di lain kesempatan ya.


BERIKAN KOMENTAR