Ini 7 Cara Efektif Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis dan Panas

Hampir semua kesibukan di era modern dilakukan di smartphone. Bahkan untuk membuang waktu atau killing time relatif beralih ke ponsel pintar. Tapi kalau semuanya dilakukan secara terus-menerus maka akan terjadi yang namanya panas yang berlebihan atau overheat. Hal itu pasti akan berdampak buruk pada kondisi smartphone kamu.

Smartphone yang panas sebenarnya adalah hal yang wajar. Tapi kalau hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama apalagi terus menerus malah akan merusak smartphone.

Berikut ini beberapa cara agar smartphone tidak cepat panas.

1. Simpan ditempat yang Aman

langkah agar smartphone tidak cepat panasMenyimpan smartphone seringkali diabaikan oleh para penggunanya. Padahal hal ini justru sangat penting untuk di perhatikan. Tempat yang relatif kedap udara dan sempit seperti dompet atau saku akan membuat smartphone lebih panas.

Apalagi kalau smartphone dalam kondisi hidup. Cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis, coba untuk matikan sejenak kalau mau disimpan atau memilih tempat yang terbuka.

Baca juga:

2. Hindari Cuaca yang Ekstrim

penyebab hp panas dan boros bateraiTidak ada yang bisa mencegah kegiatan seru diluar ruangan. Hanya saja kadang smartphone relatif ‘dipaksa’ untuk melakukan semuanya dalam kondisi cuaca yang ekstrim diluar.

Cuaca terlalu panas akan merangsang baterai dan perangkat lainnya di smartphone jadi panas juga. Begitu halnya cuaca yang terlalu dingin apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Coba untuk memperhatikan kondisi cuaca karena sangat berpengaruh pada kinerja smartphone.

3. Lepas Casing Bila Perlu

penyebab hp panas saat di casSelain untuk pelindung, casing berguna juga untuk mempercantik penampilan smartphone. Sama halnya seperti cuaca, kalau casing menyita banyak udara maka smartphone bisa dengan mudah jadi lebih panas.

Oleh karena itu, lebih baik pakai casing dengan bahan yang lebih adem seperti silikon atau plastik. Atau bisa dengan melepas casing pada smartphone untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan.

4. Perhatikan Saat Sedang Charging

hp cepat panas saat main gameSelain merusak baterai, cara charging yang salah adalah penyebab hp panas saat di cas. Pertama yang perlu di perhatikan adalah pemakaiannya. Banyak orang yangg tidak sabar memakai gadget sebelum selesai dicas. Alhasil smartphone dipakai dalam kondisi sedang dicas, hal ini pastinya akan membuat gadget overheat.

Lalu yang perlu di perhatikan adalah waktu cas. Cas biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 jam. Dengan cas yg dibiarkan semalaman pasti akan membuat smartphone rusak.

5. Aplikasi yang Memakan Banyak RAM

Yang kurang di perhatikan selanjutnya yaitu penggunaan aplikasi. Selain memerhatikan kondisi diluar smartphone kondisi di dalamnya pun harus diperhatikan. Terutama aplikasi dengan kapasitas besar yang membuat kinerja dari smartphone relatif meningkat.

Upayakan untuk tidak memakai beberapa aplikasi dengan RAM besar atau lebih amannya untuk me-restart smartphone dengan rutin. Hal itu akan menyegarkan kembali kondisi gadgetmu.

6. Kondisi Sinyal yang Tidak Stabil

cara agar smartphone tidak cepat panasAkan menjadi hal yang menjengkelkan kalau ditemui smartphone dengan sinyal yang kurang stabil. Dengan sinyal minim biasanya pengguna tetap memakai smartphone-nya.

Padahal penyebab hp panas dan boros baterai karena minimnya sinyal yang membuat smartphone bekerja jauh lebih keras dibandingkan biasanya. Dengan kondisi itu maka smartphone akan overheat dan merusak baterai.

7. Spesifikasi Bawaan Smartphone

smartphone yang tidak cepat panasSelain menjaga kondisi smartphone, hal lain yang perlu di perhatikan adalah spesifikasi. Meskipun sudah berupaya untuk menjaga agar tidak overheat. Ada lho beberapa tipe dari smartphone yang memang bisa cepat panas dalam kondisi tertentu.

Misalnya ada hp cepat panas saat main game tapi ternyata kuat untuk internetan. Jadi sebaiknya kamu perhatikan jenis smartphone yang kamu pakai sesuai dengan kebutuhan yang biasa kamu jalani.

Tidak bisa disangkal lagi, banyak orang yang sudah pernah merasakan baterai overheat atau panas. Sekali lagi, hal tersebut sebenarnya biasa terjadi dan baiknya hindari penggunaan gadget secara berlebihan agar smartphone yang tidak cepat panas. Adakah pengalaman unikmu mengenai baterai smartphone yang mudah panas?

Artikel Menarik Lainnya


BERIKAN KOMENTAR