Fitur Baru Google Form dengan Kelebihan Validasi Informasi

pengertian google form

Siapa yang gak kenal dengan google, dari orang-orang yang tinggal di kota sampai orang yang ada dipelosok negeri sekarang sudah tahu google, Minimal sering mendengar kata google. Perusahaan raksasa ini setiap harinya terus mengeluarkan aplikasi dan fitur-fitur baru untuk setiap produk-produknya.

Tidak sedikit masyarakat yang merasakan keuntungan tersendiri dengan adanya google. Banyak aplikasi yang sudah dikeluarkan yang mempunyai kualitas teknologi tinggi. Perkembangan jaman yang semakin cepat ini mengharuskan kita mengikuti alurnya agar kita bisa mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi itu sendiri, tentunya dengan bijak.

Google memiliki cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era modern ini. Contohnya saja Google Drive sebuah fitur yang bisa menyimpan berkas, Photos fitur yang berguna untuk memanajemen foto, Google Docs fitur yang berguna sebagai pengganti MS Word, Google Kalender fitur yang berguna untuk mengatur jadwal, Google Form, sebuah fitur yang memiliki layanan untuk mengumpulkan informasi dalam bentuk form atau formulir survey atau juga untuk pendaftaran sebuah layanan tertentu.

Untuk fitur layanan Google Form, Kini google menambah inovasi baru yaitu sebuah layanan yang dirancang untuk memudahkan dalam proses validasi data atau informasi.

Google form adalah sebuah fitur dari google untuk mengirimkan formulir pendaftaran, formulir kuesioner online atau merencakan acara. Secara keseluruhan google form adalah sebuah alat untuk mengumpulkan informasi dengan sangat mudah, efisien dan tentunya gratis. Untuk membuat google forms pun sangat mudah, kita dapat berkreasi di tombol-tombol yang disediakan google form ini.

Dari berbagai fitur yang dikeluarkan Google Form, Salah satunya adalah fitur yang mempunyai kelebihan tersendiri yaitu fitur validasi untuk smartphone yang secara otomatis menyarankan untuk mengisi atau input dengan benar dari berbagai formulir yang berbeda. Contohnya, Jika kita diminta untuk mengisikan alamat email pada saat mengisi formulir atau mengisi form survey, Maka secara otomatis sistem google akan menyarankan untuk mengisikan alamat email dengan benar yang ditandai denga tanda peringatan. Atau kalau kita kita meminta alamat url sebuah situs, sistem google akan memeriksa apakah isi yang diberikan sudah benar atau belum.

cara menyimpan google formUntuk penggunaan form, kini dapat menerima dan menyimpan unggahan berkas dari pengguna yang diluar domain, denga syarat kedua belah pihak harus sama-sama memberikan izin atas akses lintas domain di Google Drive masing-masing.

Checkbox grid adalah fitur pertanyaan baru dari google, Pertanyaan baru ini memungkinkan responden untuk memilih pilihan atau opsi di pilihan tabel. Fitur ini sangat cocok untuk jenis pertanyaan yang menanyakan waktu (jam, hari, tanggal).

cara membuat kuesioner di google formGoogle selalu mempermudah pengguna-penggunanya, Fitur form ini akan mempermudah pengguna dengan memberikan pilihan atau opsi menyamakan preferensi untuk setiap formulir yang akan dibuat. Jika kita memiliki jenis form yang sama, kita bisa menerapkan untuk semua form yang akan mengehemat waktu dan tenaga.

cara membuat google formsFitur-fitur baru dari google ini baru dirilis ke Rapid Release dan akan mulai dipublikasin kesemua pengguna edisi G suite.


BERIKAN KOMENTAR