Inilah 10+ Mitos Dari Teknologi Yang Sudah Terlanjur dipercaya, Padahal..

Introduction

Sekarang sudah banyak orang yang memiliki gadget yang canggih, tapi masih banyak yang nggak tahu fungsinya tuh gadget. Sudah mahal-mahal dibeli cuma buat nampang doank.

Tidak sedikit kaum muda yang terjebak dalam style perkembangan jaman yang justru membuat dia makin kolot karena cara pandang yang ndeso. Pernah dong kamu kamu liat atau temen kamu yang membeli gadget mahal tapi tidak tahu cara menggunakannya yang sebenarnya banyak fitur canggih di gadget tersebut tapi samasekali tidak tahu.

Hmm.. sungguh ironis ya kaum muda dengan model seperti itu, pasti hidupnya suka merepotkan orang sekitar karena apa-apa nggak tahu. boro-boro suka baca, buku yang sudah terlanjur dibeli aja tidak tahu isinya apa. Paling banter kaum muda seperti ini cuma bisa foto selfie yang memamerkan muka dan lidahnya yang justru membuat orang jijik ngeliatnya.

Banyak mitos dari teknogi canggih yang sudah terlanjur dipercaya penggunanya. seperti notebook, smartphoe, laptop dan lain-lain yang sudah menjadi kebutuhan mayarakat dijaman sekarang. Tapi, Nyatanya tidak semua orang tahu dan paham menggunakan alat canggih tersebut. Banyak orang hanya bisa menggunakannya saja, tapi tidak tahu cara merawatnya.

Begitu banyaknya informasi yang ada diinternet yang sebenarnya cukup sulit untuk menemukan informasi yang benar dan akurat. Informasi yang sebenarnya salahpun kadang-kadang malah diikuti, padahal informasi tersebut belum terbukti kebenarannya.

Nah, kali ini Indonesian free akan mengulas fakta penggunaan gadget atau mitos-mitos teknologi apa saja yang sudah terlanjur banyak orang percayai.

1. Tidak Akan Ada Virus Pada Komputer Mac

Tidak Akan Ada Virus Pada Komputer Mac
© Business Insider

Kata siapa komputer Apple (Mac) tidak bisa terkena malware. Mungkin tidak serentan seperti pada Windows. Tapi apakah kamu tahu, Apple pernah terkena kasus bahwa Mac terkena virus trojan. Ribuan pengguna mac saat itu marah. Kasus ini terjadi pada tahun 2012 yang lalu. Jadi, Mac juga tetap masih bisa kena virus. Mitos yang bilang Mac tidak bisa kena virus itu salah.

2. Browsing menggunakan mode Privat/Incognito Tidak Akan Mengetahui Identitas Penggunanya

Browsing menggunakan mode Privat atau Incognito Tidak Akan Mengetahui Identitas Penggunanya
© Tech Insider

Bwosing atau berselancar diinternet menggunakan mode Incognito dengan menggunakan Google Chroome di safari, Browser tidak akan menyimpan history, bookmark ataupun login otomatis.

Mode ini hanya menyembunyikan aktivitas komputer pada saat browsing diinternet. Tapi, informasi penting seperti ISP atu situs-situs yang dikunjungi tetap terekam dan kelihatan. Jadi, walapun kamu browsing menggunakan mode Incognito, tetap informasi penting komputermu akan tetap kelihatan. Kecuali jika kamu menggunakan PVN, kamu bisa menyewanya perbulan.

3. Cas HP Semalaman Akan Merusak Baterai

Cas HP Semalaman Akan Merusak Baterai
© Business Insider, William Wei

Ini adalah fakta unik tentang gadget yang sering kita jumpai. Yakin dech, kamu pasti sering mendengar “jangan dicas semalaman, nanti HP kamu cepet rusak”
Sampai detik ini tidak ada bukti mengenai ini, jika mengisi baterai semalaman akan merusak baterai. Smartphone dirancang dengan menggunakan baterai Lithium yang cukup canggih yang mengisi daya baterai ketika sudah penuh.

4. Jangan dicas Sebelum Baterai Smarphone Benar-benar Sudah Penuh

Jangan dicas Sebelum Baterai Smarphone Benar-benar Sudah Penuh
© Apple

Ini adalah salah satu mitos menarik tentang gadget dan cukup terkenal dan banyak orang mempercayai mitos ini.  Apple dan kebanyakan produsen gadget sudah menggunakan bahan dari teknologi yang dibuatnya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Baterai yang digunakan menggunakan baterai lithium. Baterai Lithium adalah baterai yang bisa diisi kapan saja tanpa harus mengunggu baterai habis terlebih dahulu.

5. Kamera yang Bagus adalah Kamera yang Tinggi Megapixelnya

Kamera yang Bagus adalah Kamera yang Tinggi Megapixelnya
© Steve Kovach/Business Insider

Coba kamu tahu nggak bedanya kamera 8MP dengan 12MP? Tidak ada bedanya. Kualitas gambar dari kamera ditentukan dari kemampuan sensornya. Jadi semakin besar sensornya, biasanya pixelnya juga ikut besar. Nah, Kamera yang pixelnya besar bisa menyerap banyak cahaya. Megapixel adalah hanya sebuah sebutan dari jutaan pixel saja.

Fotografer terkenal yaitu Matthew Panzarino mengungkapkan peran pixel, “Ibaratkan kita menangkap air hujan dengan sebuah ember, Semakin besar ember yang kamu gunkan maka kamu akan semakin banyak mendapatkan air hujan itu” Nah, ember disini adalah pixel.

6. Smartphone yang Bagus adalah Smartphone dengan Resolusi Tinggi

Smartphone yang Bagus adalah Smartphone dengan Resolusi Tinggi
© Antonio Villas-Boas/Tech Insider

Banyak yang mengatakan resolusi pada layar smartphone tidak penting. Pakar dari Gizmodo Mengatakan mata manusia tidak dapat membedakan dengan detail pada saat layar beresolusi lebih dari 300 piksel/inchi.

Tidak ada perbedaan yang mencolok dalam sebuah resolusi. Tergantung dari perusahaan akan menonjolkan sisi mananya, seperti Apple yang fokus pada kecerahan, bukan tingginya sebuah resolusi. Apple meskipun resolusinya rendah tetapi tingkat kecerahannya sangat bagus.

7. Tidak Boleh Menggunakan Charger iPad untuk mengisi Baterai IPhone

Tidak Boleh Menggunakan Charger iPad untuk mengisi Baterai IPhone
© Apple

Ini adalah jawaban yang bisa dibilang masih samar-samar. Apple disitus resminya pernah mengatakan bahwa adapter iPad (12 watt) bisa untuk mengisi baterai Iphone maupun iPad. Namun, Founder Chief Technical Officer (CTO) AEi Sytems sekaligus Founder bernama Steve Sandler mengatakan, Jika cara ini kamu lakukan secara terus menerus akan membuat baterai menjadi stres. Ada dua pernyataan yang berbeda disini dari Apple dan AEi Sytems. Jadi masih samar-samar.

8. Kamu Tidak Harus Shut Down Komputer Kamu Setiap Hari

Kamu Tidak Harus Shut Down Komputer Kamu Setiap Hari
© CliveJames

Banyak anggapan bahwa ” Tidak perlu mematikan komputer setiap hari, PC dibuat untuk bekerja nonstop” Apakah pernyataan tersebut benar? Shut Down komputer dengan rutin baik untuk kesehatan komputer. Jika memang tidak bisa, Kamu bisa melakukan dengan mode sleep supaya kamu dengan mudah dapat mengaksesnya kembali. Mematikan komputer sebenarnya akan membuat komponen-komponen pada komputer menjadi lebih awet.

9. Menaruh Magnet didekat Komputer Dapat Menghapus Data

Menaruh Magnet didekat Komputer Dapat Menghapus Data
© Flickr/Matt McGee

Kalau kita lihat dari sisi teknis, memang benar! Kamu pasti sudah tahu bagaimana dengan mudahnya menghapus data dari disket hanya dengan magnet. Tapi untuk menghapus data yang ada dihardisk, Pastinya kamu membutuhkan magnet yang sangat besar. Menurut seorang pakar dari PCMag, HardDrive pada komputer yang modern hanya akan rusak oleh magnet dengan kapasitas yang benar-benar besar dan benar-benar kuat dengan medan magnet yang terfokus.

10. Smarphone Menyebabkan Kanker

Smarphone Menyebabkan Kanker
© REUTERS/David Gray

Memang smarphone mempunyai efek buruk yaitu memancarkan radiasi yang bisa diserap oleh jaringan manusia. Tapi, tidak ada bukti yang benar-benar akurat serta konklusif yang menyatakan bahwa ponsel bisa menyebabkan kanker pada manusia. Sebuah penelitian dari National Cancer Institute mengungkapkan bahwa : sampai dengan detik ini tidak ada bukti studi hewan, sel, ataupun manusia yang terkena kanker dikarenakan frekuensi sebuah radio”. Jadi sudah jelas dong, bahwa belum ada bukti smartphone bisa menyebabkan kanker pada manusia.

11. Bar Sinyal Mempengaruhi Kecepatan Internet

Bar Sinyal Mempengaruhi Kecepatan Internet
© Business Insider

Kamu pasti pernah mendengar “Sinyalnya jelek banget sih, cuma dapet 1 bar disini” itu ungkapan temen kamu yang kesel karena menurutnya sinyalnya jelek, dengan melihat bar sinyal. Tahukah kamu, Banyaknya jumlah bar sinya tidak akan menjamin kekuatan sinyal ataupun internet. Bar sinyal hanya sebagai penunjuk atau tanda seberapa dekat lokasi ponsel kamu dengan menara pemancar. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan internet smartphone kamu, contohnya, banyaknya orang yang sedang on atau sedang menggunakan jaringan secara bersama-sama.

Itulah mitos-mitos dari teknologi yang sering kita jumpai dikehidupan kita sehari-hari. Jadi kamu mulai sekarang harus jeli menganggapi mitos-mitos teknologi yang ada disekeliling kamu. Tidak harus langsung percaya sebelum kamu mencari tahu kebenarannya. Semoga bermafaat!


BERIKAN KOMENTAR