Tips dan Manfaat Membuat Jadwal dengan Google Calendar

cara mengoperasikan google calendar

Aplikasi Google Calendar adalah pilihan saya untuk mengatur jadwal keseharian, Terus terang saya tidak begitu suka dengan aplikasi kalender microsoft outlook, bukannya benci sih tapi disamping cara mengoperasikan google calendar sangat mudah dari sisi tampilan saya lebih suka menggunakan google kalender.

Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk mengatur jadwal, Apalagi jika kamu menggunakan smartphone, cara menggunakan google kalender di android juga sangat mudah. Dan juga hampir semua aplikasi yang kamu inginkan ada diplaystore. Tapi, buat saya google kalender menjadi pilihan. Saya sudah menggunakan aplikasi ini hampir 4 atau 5 tahun ini.

Jika kamu ingin menggunakan google kalender sebagai penjadwalan aktivitas kamu agar lebih mudah, berikut adalah tips menggunakan google kalender.

© googleusercontent

Perencanaan bulanan

Kamu bisa membuat jadwal di google calendar untuk satu bulan kedepan: Kamu bisa menjadwalkan apa-apa saja planing kamu satu bulan kedepan. Mungkin kamu bisa menjadwalkan perencanaan liburan dengan teman atau keluarga, Jadi kamu sudah mengatur perencanaan terlebih dahulu. Jika ada teman yang mengajak jalan-jalan kamu bisa mengecek apakah jadwalnya bentrok dengan planing yang sudah kamu atur atau tidak, dengan begitu kegiatan kamu akan ter-manage denga baik, dan inilah salah fungsi google kalender yang saya suka.

Secara tidak langsung kamu sudah melatih jiwa disiplin dengan diri kamu. Biasanya saya menggunakan google kalender ini untuk aktivitas yang kecil kemungkinannya untuk dibatalkan, seperti menghadiri acara pernikahan teman, acara hajatan keluarga atau bertemu dengan klien penting yang propek keuntungannya cukup besar. Jadi kalau ada acara-acara mendadak yang bertepatan dengan jadwal yang sudah saya buat, dengan berat hati saya harus menolak.

Perencaan mingguan

Kamu bisa mengatur janji-janji kamu dengan teman, keluarga ataupun klien kerjaan. Kamu bisa mengatur jadwal sesuai skala prioritas kamu dengan mudah dan rapi. Dengan penjadwalan mingguan kamu bisa mempersiapkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum acara di hari-H.

cara mengoperasikan google calendar
© play.google

Jika kamu terbiasa membuat jadwal perencaan apa di hari esok, dengan sendirinya akan melatih kamu menjadi pribadi yang matang secara psikologis. Kenapa? karena kamu secara tidak langsung membangun kedisiplinan diri dan juga tidak mudah terprovokasi/terpengaruh dengan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan.

Contoh sederhana begini: Kalau kamu sudah mengatur jadwal dalam satu bulan kedepan atau seminggu kedepan dengan rapi dan tersusun, apalagi jadwal yang sudah kamu buat dan tentukan cukup penting, misalnya jadwal meeting, hajatan keluarga atau yang lainnya, Nah.. jika ada teman yang mengajak pergi jalan-jalan ke pulau seribu, anyer ataupun puncak, kamu harus menolak. Meskipun kamu melewatkan ajakan teman kamu yang mungkin akan membuat kesenangan tersendiri, Tapi mau tidak mau kamu harus menolak dan harus konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat dan juga kamu harus memegang prinsip.

Berdasarkan pengalaman saya, mengatur jadwal dengan google kalender memudahkan kita untuk penjadwalan dan sangat bermanfaat. Kamu bisa sinkronisasi kalender di android yang kamu gunakan, dengan begitu kamu bisa mengecek jadwal seminggu kedepan atau sebulan kedepan dengan sangat cepat dan mudah.

Sebenarnya banyak lagi cara untuk memaksimalkan google calendar menjadi seperti asisten pribadi kalau kamu mau meluangkan waktu untuk mengecek semua fitur-fitur dari google calendar ini. Kamu juga bisa mengecek tutorial google kalender dari situs google calendar di menu bantuan.


BERIKAN KOMENTAR