Tips Sederhana Membuat Video Timelapse hanya dari Smartphone Android Kamu!

cara membuat timelapse bergerak

Timelapse adalah salah satu teknik yang sangat di gandrungi oleh para penggiat fotografi. Apa sih timelapse itu? Timelapse adalah salah satu teknik fotografi atau videography yang terbuat dari kumpulan foto-foto menjadi sebuah video. Foto-foto yang dalam jumlah sangat banyak itu kemudian di atur menggunakan sebuah aplikasi berbentuk software pengelolah video yang nantinya di ubah menjadi sebuah video.

Peralatan yang di gunakan untuk membuat timelapse cukup sederhana. Kamu bisa menggunakan kamera mirrorless, kamera DSLR atau SLR atau kamu juga bisa memanfaatkan kamera yanga ada di handphone android kamu loh! Walaupun kelihatannya mudah, tapi membuat timelapse tidak sesederhana memotret kemudian di satukan semuanya ke dalam sebuah video. Ada beberapa teknik yang harus kamu pahami erlebih dahulu.

Pertama, foto-foto yang di potret harus dibuat secara berurutan ketika di satukan agar ketika di satukan menjadi bentuk video hasilnya teratur dan apik. cara membuat timelapse bergerak biasanya difokuskan untuk merekam pergerakan dari objek, karena jika direkam dalam bentuk video normal maka hasilnya akan sangat lama. Misalnya pergerakan dari gelap ke terang atau pergerakan manusia dalam suatu kegiatan.

Kedua, sudut dan sisi saat melakukan pemotretan harus sama, agar ketika kita menyusun menjadi sebuah video tidak terlihat aneh. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat timelapse menggunakan smartphone ada kabar baiknya nih. Karena membuat timelapse menggunakan smartphone jauh lebih mudah dengan menggunakan aplikasi khusus untuk membuat video timelapse.

Penasaran dan ingin mencoba membuat video timelapse menggunakan smartphone android kamu? Indonesian free mencoba merangkum beberapa aplikasi yang bisa di coba di smartphone kamu ya.

  1. Lapse it
  2. Microsoft Hyperlapse Mobile
  3. PicPac Stop Motion & Time Lapse
  4. Time Lapse Camera
  5. Framelapse

Dalam membuat video timelapse sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengambil sebuah objek dan sebaiknya gunakan alat bantu tripod untuk hasil yang lebih stabil. Tripod ini sangat membantu kamu yang ingin membuat video timelapse di luar ruangan atau outdoor.

yang perlu diingiat, dalam pembuatan video timelapse ini di butuhkan puluhan bahkan ribuan foto untuk membuat sebuah video tergantung dari masing-masing durasi yang diinginkan. Untuk itu sangat di perlukan smartphone yang menunjang dalam hal ruang penyimpanan yang luas, kualitas kamera yang mumpuni dan daya tahan baterai yang awet.

 

Berikut contoh video timelapse, selamat mencoba.

 

WHAT DO YOU THINK