5 Kesalahan Orang dalam Kredit Motor Yang Sering Terjadi disekitar Kita

Transportasi saat ini menjadi salah satu masalah yang masih bisa membuat kita merasa pusing, apalagi kalau kamu berada di kota. Tidak sedikit orang membeli sepeda motor karena bisa mempersingkat waktu untuk sampai ke tujuan dan efisien dalam segala hal terutama biaya. Namun tidak jarang orang justru melakukan kesalahan orang dalam kredit motor yang akhirnya merugikan diri sendiri.

Syarat kredit motor yang sangat mudah saat ini memang membuat banyak orang tergiur untuk membeli. Dengan Semakin dimudahkannya untuk mengajukan kredit motor, Orang berbondong-bondong untuk membelinya. Malah kadang tanpa harus membayar DP. Kemudahan dalam kredit motor itulah yang secara tidak langsung membuat orang justru melakukan kesalahan orang dalam kredit motor.

Nah, Buat kamu yang mau membeli motor dengan cara kredit, Berikut beberapa kesalahan yang seharusnya dihindari saat mengajukan kredit sepeda motor sekaligus tips mengatasi kesalahan itu sendiri.

1. Jangan Membeli untuk Pamer

pelunasan kredit sebelum jatuh tempoMasih ada lho orang yang membeli motor hanya untuk sekadar pamer saat liburan mudik tiba. Mereka membeli motor bukan untuk kebutuhan. Terkadang membeli motor hanya karena ikut-ikutan karena banyaknya motor baru yang banyak beredar sekarang ini atau hanya sekedar harganya yang murah, bukan hanya mesin serta fiturnya yang baru, walaupun hanya stripping saja yang baru tetap saja masyarakat masih ada yang mau membeli.

2. Jangan Membeli Motor Saat Utang Kamu Sedang Menumpuk

pelunasan kredit motor sebelum jatuh tempoIdealnya utang kamu tidak boleh lebih dari 30% dari gaji yang diterima karna menurut hukum ekonomi jika melebihi akan sangat mengancam perekonomian kamu. Membeli motor secara kredit akan menambah utang kamu setiap bulan, jadi pertimbangkan terlebih dahulu saat akan mengajukan kredit motor, jika memang membeli motor untuk kebutuhan, sesuaikanlah dengan gaji dan utang kamu setiap bulannya.

Baca juga: 

3. Tidak Mencari Leasing Terbaik

prosedur kredit motorCarilah perusahaan masuk dalam anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Kamu juga bisa mencari perbandingan harga antara dealer yang ada, karena bisa saja di salah satu dealer memberi kesempatan untuk memperbesar DP dan bernegosiasilah selalu untuk mendapatkan tagihan bulanan terendah. Kamu juga dapat mencari data-data yang pasti tentang prosedur kredit motor dari leasing yang kamu pilih.

4. Periode Pinjaman Yang Panjang

kesalahan orang dalam kredit motorUsahakan mengambil kredit tidak terlalu lama. Oleh karena itu, negosiasi kan dengan baik saat akan mengajukan kredit motor, DP besar akan membuat cicilan lebih kecil dan tenor (jangka waktu pembayaran utang) semakin pendek. Semakin cepat pula kredit kamu lunas, beban utang kamu menjadi ringan jika tenor yang diambil semakin pendek. Syukur-syukur kamu bisa melunasi kredit motor sebelum waktunya.

5. BPKB dan Asuransi yang Terabaikan

melunasi kredit motor sebelum waktunyaPilihlah leasing yang bertanggung jawab terhadap BPKB dan asuransi motor kamu agar kamu tidak merasa tertipu. Tidak ada yang namanya BPKB kamu dijadikan jaminan oleh leasing ke bank lain karena cicilan kamu sudah lunas, BPKB bisa langsung kamu ambil. Pastikan asuransi bisa menjaga kamu selama kredit motor, menjamin setiap masalah yang terjadi pada motor kamu selama kredit dan proses klaim yang mudah

Agar ke depannya kamu pun tidak merasa terbebani, Sebaiknya hindarkan hal-hal tersebut di atas saat akan mengajukan kredit sepeda motor, itulah beberapa kesalahan orang dalam kredit motor yang sering terjadi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu saat akan mengambil kredit sepeda motor.

Selain itu, Kamu harus tahu cara memilih motor yang bagus. Baik itu motor matic ataupun motor manual, agar kamu tidak nyesel nantinya. memilih motor baru atau bekas saat kamu mengajukan kredit motor juga menjadi bagian penting yang harus kamu tahu sebelum kamu mengajukan kredit motor.


BERIKAN KOMENTAR