Wi-Fi gratis memang menjadi plihan setiap orang saat ingin mengakses internet di tempat umum, biasanya orang selalu mencari wifi gratis saat sedang berada di kafe/restoran ataupun tempat hangout yang lainnya. Tapi, apakah kamu sadar bahwa wifi umum atau jaringan publik mempunyai bahaya, Bahkan resiko kehilangan semua uang yang berada direkening kamu.

Indonesian free mencoba memberi info tentang hal-hal paling penting cara yang paling aman mengakses internet melalui wifi dan memberikan tips agar kamu tidak menjadi korban penipuan melalui internet yang memanfaatkan wifi gratis.

Baca juga: 

1. Jangan Gunakan Internet Banking Melalui Wifi Grratis

cara belanja di internet gratisCara pertama ini cukup mudah untuk menghindari kamu dari penipuan yang memanfaatkan jaringan internet gratis. Jika kamu ingin melalakukan pembelian atau transaksi online gunakanlah internet dari jaringan mobile data kamu. Apalagi jika kamu belanja di internet dengan kartu kredit, sebaiknya selalu waspada. Biasanya orang menggunakan wifi gratis untuk melakukan transaksi online, sekarang gunakanlah smartphone dengan akses internet melalui mobile data.

2. Matikan Jaringan WIFI

apakah wifi bisa menyimpan historyNonaktifkan jaringan wifi, Dengan mematikan jaringan wifi kamu mempunyai keuntungan tersendiri, yaitu baterai hp kamu akan lebih tahan lama, otomatis tidak ada iklan yang mengganggu dan yang pasti antisipasi penipuan secara otomatis. Jika kamu ingin lebih aman gunakanlah aplikasi tambahan untuk melindungi password anda saat transaksi, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti DoNotTrackMe atau yang lainnya.

3, Gunakan Virtual VPN

cara belanja di internet dengan gratisGunakan VPN, atau Virtual Private Network, Ini adalah cara menyembunyikan ip address agar tidak terdeteksi. VPN memungkinkan kamu tetap tanpa saat online, Website yang kamu kunjungi tidak akan membaca ip kamu yang sebenarnya. website akan membaca ip dari VPN yang kamu gunakan. Nah, jika kamu ingin agar tidak ketahuan menggunakan wifi kamu bisa menggunakan aplikasi. Namun maaf, disini kami tidak mengajarkan kamu agar tidak ketahuan menggunakan wifi.

Namun jika VPN yang kamu gunakan tidak begitu bagus, akan membuat jaringan sangat lambat. Tapi jika VPN yang kamu gunakan bagus kecepatan internet tidak jadi masalah. ada banyak penyedia VPN dari yang gratis sampai yang berbayar. Saat pemilik wifi mengecek untuk mengetahui situs yang dibuka wifi mereka akan membaca bukan IP asli kamu melainkan Virtual alias VPN.

Apakah pemilik wifi bisa melihat history dari penggunanya? tentu bisa, banyak cara untuk melihat history penggunanya, Apalagi pengguna memiliki akses penuh untuk mengatur settingan internet.

Kebanyakan perangkat secara otomatis akan terhubung ke hotspot yang mereka pernah gunakan. contoh saat kamu mengakses wifi gratis di sebuah kafe, nama wifi gratis itu akan tersimpan di smarphone kamu. Hacker bisa melihat history pengguna wifi dengan caranya.

Para penipu biasanya memanfaatkan nama tersebut. mereka akan membuta virtual nama dari wifi gratis. Sebaiknya setelah kamu mengakses internet gratis dan sudah tidak menggunakannya, hapus saja dari daftar nama internet di smartphone kamu.

4. Perhatikan Nama Free WIFI

cara aman mengakses internet melalui wifiHacker sering menggunakan jaringan dengan nama-nama yang mirip dengan yang ada disekitar kita. Sebenarnya untuk membedakan adalah wifi yang terferivikasi selalu menggunakan password. Jika kamu tiba-tiba terhubung dengan jaringan internet dan kamu bisa mengaksesnya, Sebaiknya kamu cepat-cepat matikan jaringan wifi kamu karena hacker sedang mengintai kamu.

5. Gunakan Antivirus

gunakan anti virusAgar kamu tetap aman untuk akses internet, Selalu gunakan versi antivirus terbaru. Banyak cara yang dilakukan para hacker setiap harinya untuk meretas target-targetnya. Aniti virus sangat berguna untuk kita, karena kita mendapat pemberitahuan peringatan jika ada hal-hal yang dianggap tidak wajar saat mengakses internet.

Jaringan adalah sebauh sistem yang kompleks dan hanya orang-orang yang cukup exkpert yang bisa melakukan peretasan. Setiap hari para hacker mencari cara untuk bisa membobol uang dari para target-targetnya. Tidak ada cara lain selain mengantisipasi serangan dari hacker.

6. Pastikan URL HTTPS Bukan HTTP

apakah pemilik wifi bisa melihat history dari penggunanya1Jika kamu belanja online, Pastikan url yang kamu akses dengan awalan https: tidak hanya http, tau kan perbedaannya.. Perbedaannya kalau yang aman ada huruf S nya (HTTPS:), yang berari Save atau aman. Jika tidak ada S nya (HTTP:) sebainya jangan kamu akses. Ini biasanya khusus untuk website-website e-commerce atau situs belanja online.

Agar kamu tetap aman saat berselancar di internet sebaiknya selalu pastikan bahwa wifi yang kamu gunakan memiliki password. Jika tidak, sebaiknya jangan mengaksesnya.

Artikel Menarik Lainnya:

SHARE
Imam Budianto
Berbagi melalui tulisan adalah cara termudah beramal :)

WHAT DO YOU THINK