Cara Membedakan Foto Asli dengan Foto Hasil Edit (Rekayasa)

cara membedakan foto asli atau editan

Di Indonesia banyak di dihebohkan dengan adanya foto-foto digital yang bergambar “syur” yang ada di di internet. Kamu mesti tahu cara membedakan foto asli atau editan serta hasil rekayasa biar tidak jadi korbannya. Kamu tahu kan, Banyak sekali foto rekayasa yang menggemparkan dunia sampai pihak pemerintah turun tangan mengatasi hoax foto ini.

Memang kalau sudah di internet banyak sekali cara untuk menyebarkan hasil foto rekayasa itu, Banyak juga yang membuat foto selfie rekayasa terlihat seperti asli. sebenarnya ada beberapa aplikasi cek keaslian foto online tapi kebanyakan berbayar.

Ada macam-macam cara untuk mengetahu keaslian sebuah foto. Berikut adalah foto yang pernah di-edit atau retouching menggunakan software pengolah gambar seperti: Adobe PhotoShop.

1. Menggunakan Perintah TYPE

File gambar dengan format JPG

Cara yang paling mudah untuk mengenali apakah file gambar tersebut masih asli adalah dengan menggunakan perintah TYPE yang ada di dalam MS DOS Prompt.

C:\> TYPE sukma1.jpg [Enter]

Hasil dari perintah TYPE untuk melihat isi file

Bisa kita lihat bahwa ini adalah cara melihat tanggal foto diambil dan dalam file tersebut terdapat teks sebagai berikut:

Nokia Mobile Phones Ltd. Nokia7650

10/02/2003

03:37:51

Teks tersebut adalah identifikasi bahwa file gambar tersebut diambil dengan menggunakan handphone Nokia tipe 7650 pada tanggal 10 Februari 2003 jam 03:37:51. Apabila gambar tersebut sudah di-edit dengan menggunakan Adobe Photoshop maka teks identifikasi tersebut tidak ada.

Jika file tersebut sudah di-edit dengan menggunakan Adobe Photoshop maka hasilnya adalah sebagai berikut:

C:\> TYPE sukma1.jpg [Enter]

Hasil isi file gambar setelah dilakukan editing dengan Adobe Photoshop

Dari hasil perbedaan tersebut bisa dilihat bahwa setelah gambar tersebut di-edit dengan Adobe Photoshop maka akan terdapat teks yang bertuliskan “Adobe” pada file tersebut. Dengan adanya tulisan “Adobe” tersebut bisa dipastikan bahwa file gambar tersebut pernah di-edit dengan Adobe Photoshop.

2. Gunakan ACDSee

Cara mengeceknya cukup mudah, lihat gambar ya..

1. Jalankanlah soft ACDSee

2. Browse pada folder gambar yang diinginkan

Tampilan ACD See

3. Pilih dan tampilkan file gambar yang diinginkan

4. Pilih menu File – Properties

Menu File – Properties

5. Setelah itu akan ditampilkan Properties dari file gambar yang terpilih.

Tampilan Properties

Informasi dalam Properties menjelaskan bahwa:

Make : CAMERA

Model : DC1310

Resolusi : 72 x 72 pixel

Jelas terlihat foto yang beli diedit denganPhotoshop. Karena informasi Metadata menunjukkan informasi yang masih asli yaitu diambil dengan menggunakan CAMERA model DC1310.

SHARE
Indonesianfree
Inspirasi .Kreativitas .Wawasan

WHAT DO YOU THINK