Cara Membuat Mainan Anak Edukatif dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Bermain Kelereng Hias cara membuat mainan anak edukatif

Sedikit mengulas mengenai perilaku bermain anak, sebelum akhirnya kita membahas tentang cara membuat mainan anak sendiri yang edukatif. Orang tua mana yang tidak bahagia melihat anaknya selalu ceria dan sehat. Anak ceria akan membuat para orang tua sangat bahagia.

Nah, Seringkali anak-aak sedih dan tidak ceria karena tidak diperbolehkan bermain sesuatu yang disukainya. Kadang-kadang anak-anak suka bermain maianan yang menurut orang tua membahayakan, Demi kebaaikan anak akhirnya anak tidak boleh memainkan mainan itu, dan serinkali justru membuat anak-anak menjadi sedih.

Baca juga:

Anak-anak hanya menginginkan kesenangan, Yang anak-anak inginkan adalah untuk bersenang-senang sepanjang waktu. Setiap orag tua selalu berusaha memberikan apa yang anak inginkan setiap hari. Namun, tetap yang diberikan tidak berbahaya untuk anak. Apalagi, Mainan anak-anak harganya cukup mahal, Umumnya untuk sekarang ini mainan anak lebih mahal daripada maianan orang dewasa. Betul tidak bunda?

Agar orang tua tidak khawatir dan anak-anak tetap aman Kenapa tidak menciptakan mainan sendiri. Aktivitas membuat mainan sendiri bisa mengasah daya kreativitas anak sejak dini. Kita dapat membuat mainan anak dari barang bekas juga lho, Namun tetap aman untuk anak.

Berikut adalah mainan anak yang bisa kita terapkan untuk membuat anak-anak selalu bahagia.

Perahu dari Kotak Susu

Perahu Dari Kotak Susu cara membuat mainan anak edukatifCara membuat mainan sederhana yang menarik in cukup mudah. Membuat perahu dari kotak susu bisa merangsang anak lebih kreatif untuk membuat mainan sendiri dari barang tidak terpakai. Selain itu anak juga belajar untuk pandai mengunting dan menghias perahu agar lebih menarik.

 

Finger Painting

Finger Painting cara membuat mainan anak edukatif

Ajak anak dengan melukis dengan jari-jarinya. ini adalah salah satu mainan edukatif buatan sendiri yang bisa membuat anak menjadi kreatif. Biarkan anak berkreasi sesuka hati. Cukup sederhana perlengkapannya, hanya buku gambar dan satu set cat air. Dengan bermain warna, anak diasah berimajinasi membuat bentuk dan mengenal warna.

Kelereng Hias

Bermain Kelereng Hias cara membuat mainan anak edukatifKali adalah cara membuat mainan tradisional yang mungkin saat ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak. Nah, kelereng bisa dibuat mainan yang edukatif. Membuat mainan sederhana yang menarik ini cukup mudah. Belajar berhitung bisa dilakukan sambil bermain.

Dengan memakai kelereng cobalah buat sendiri ide permainan berhitung. Cara bermainnya mudah saja, ajak anak untuk menghias kelereng. Bebaskan anak untuk mengekspresikan warna yang mereka sukai.

Kereta Api dari Pasta

Kereta Api Dari Pasta cara membuat mainan anak edukatifPunya stok pasta yang bekas, yuk dibuat menjadi mainan. Buatlah rigatoni dari pasta menyerupai kereta dengan bentuk yang panjang dan memiliki gurat-gurat vertikal di sisi luarnya. Kalau tidak ada rigatoni, jenis pasta penne juga bisa dipakai. Dijamin si kecil akan tertawa riang melihat kereta api pasta yang unik ini.

Rumah Kertas

Rumah Kertas cara membuat mainan anak edukatifMembuat mainan kreatif dari barang bekas kenapa tidak! Apakah kamu punya kertas bag yang tidak lagi terpakai atau mungkin kardus bekas? Jangan lansung dibuang ya, karena paper bag ini bisa dibuat menjadi mainan yang lebih seru. contohnya, membuat rumah kertas. Siapkan perlengkapan seperti gunting, lem dan kertas warna untuk menghias paper bag. Aktivitas gunting tempel ini akan menjadi permainan yang seru di akhir minggu. cara membuat sederhana dari kardus atau kertas ini simple kan, Sekarang tinggal kamu praktekkan.

Tusuk Gigi

Kreasi Dengan Tusuk Gigi cara membuat mainan anak edukatifMainan edukatif buatan sendiri kali ini adalah dengan memanfaatkan tusik gigi. Dengan memanfaatkan tusuk gigi kayu ini anak-anak akan belajar mengenal konsep bentuk dengan cara membuat langsung. Pakailah tusuk gigi atau batang korek api yang sudah dicelupkan ke dalam cat warna. Agar lebih menarik, warnai tusuk gigi dengan warna-warna yang cerah. Minta anak untuk membuat bentuk sesuai dengan kreasi mereka. Dengan begitu akan akan lebih mudah mengenal konsep bentuk dan mengingat jenis warna.

 

Tempat Tidur Untuk Boneka

Tempat Tidur Untuk Boneka cara membuat mainan anak edukatifKoper kecil atau brankas kecil sudah rusak? Jangan langsung dibuang ya Bunda.. Karena anak bisa memanfaatkan mainan kreatif buatan sendiri dari koper ini. Koper kecil atau brankas rusak menjadi sebuah tempat tidur yang cantik untuk bonekanya. Tambahkan hiasan yang menarik dan busa seperti yang terlihat di gambar. Lihat saja, kreatif dan menggemaskan sekali tempat tidur untuk boneka kesayangan si kecil.

Astronot

Astronot cara membuat mainan anak edukatifSemua anak pasti sangat senang mempelajari hal baru, termasuk belajar tentang dunia luar angkasa. Ajak anak untuk membuat mainan dari barang bekas handmade sendiri. Kita akan membuat baju astronot, Nah Baju astrono ini terbuat dari kotak susu atau sereal yang sudah kosong.

Tempelkan karton bekas tisu toilet yang sudah diisi dengan gulungan kertas. Dengan imajinasinya, anak berperan sebagai astronot yang siap menjelajah luar angkasa. Seru pastinya! Anak-anak akan ber-gerak bebas mengikuti imajinasinya.

Membuat Warna Sendiri

Membuat Warna Sendiri cara membuat mainan anak edukatifAnak punya koleksi krayon atau cat warna yang nggak terpakai. Yuk, manfaatkan cat warna atau krayon tersebut untuk melatih anak bisa membuat warna kreasinya sendiri. Ajarkan anak untuk bisa menciptakan warna sendiri dengan cara menggabungkan dua warna. Misal, untuk mendapatkan warna orange, anak bisa mencampurkan warna merah dan kuning. Mudah bukan?

SHARE
ID Free Staff
Inspirasi .Kreativitas .Wawasan

WHAT DO YOU THINK