cara melamar pekerjaan di jepang
© google image

Apakah di Anda mempunyai keinginan bekerja di Jepang? Ada beberapa orang yang berkeinginan menjadikan Jepang sebagai negara kedua. Saat sekolah, ingin mendapatkan  beasiswa ke Jepang. Saat sudah lulus kuliah, Ingin bekerja di Jepang.

Beberapa orang ada yang sudah berhasil bekerja dijepang dan akhirnya menetap disana. Berbagai pertanyaan bagaimana caranya bisa dapat kerja di Jepang pun kembali muncul. Bekerja di Jepang berarti akses lebih mudah untuk mencari berbagai informasi seputar dunia musik dan hiburan Jepang dan juga akan lebih mudah untuk berwisata ke berbagai tempat di Jepang.

Ada banyak cara untuk bisa bekerja di Jepang, Namun ada 4 Cara bekerja di jepang berikut ini yang patut Anda coba

1Melamar ke perusahaan Jepang yang ada di Indonesia

Melamar ke perusahaan Jepang yang ada di Indonesia dan minta untuk ditempatkan di Jepang.  cara melamar pekerjaan di jepang yang pertama ini bisa anda coba, kemungkinan berhasilnya cukup tinggi karena di banyak perusahaan jepang yang berada di indonesia. Pasalnya, sudah banyak juga yang berhasil dengan cara ini. Bisa juga dengan mencari perusahaan Jepang di Indonesia yang rutin menugaskan karyawan untuk bekerja di Jepang.

2Menjadi pegawai magang, alias kenshusei.

Bekerja sebagai pegawai magang termasuk salah satu yang paling banyak di cari oleh mereka yang berminat mendamparkan diri di Jepang. Kenapa? Karena lowongan untuk pekerja magang termasuk salah satu yang paling banyak tersedia. Informasi penyalurannya atau prosedur kerja di jepang bisa di dapat melalui Departemen Tenaga Kerja. Biasanya tidak perlu pendidikan yang terlalu tinggi maupun pengalaman kerja yang terlalu banyak. Untuk jenis pekerjaannya sendiri biasanya berkaitan dengan pabrik (seperti operator mesin maupun teknisi mesin) maupun di bidang peternakan dan pertanian.

3Mencari sekolah di Jepang.

Bagaimana caranya untuk bisa pergi ke Jepang dengan visa non-turis, karena kesempatan untuk mencari lowongan kerja setelah berada di Jepang tentunya akan lebih luas dibanding mereka yang berada luar Jepang. Jika setelah lulus sekolah berhasil masuk dalam perusahaan di Jepang, masalah visa maupun kontrak akan diurus oleh perusahaan. Untuk informasi seputar beasiswa ke Jepang.

Sudah berada di Jepang dengan visa non-turis? Berikut beberapa cara mencari lowongan kerja di Jepang:

  • Mencari informasi melalui Hello Work, sebuah lembaga pemerintah yang menjadi perantara antara pencari kerja (warga Jepang maupun non-Jepang) dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Untuk menghubungi Hello Work tidak dikenakan biaya.
  • Selain Hello Work, banyak lembaga maupun kantor milik swasta yang bisa menjadi perantara antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan. Hanya saja karena melalui swasta, biasanya akan ada biaya maupun potongan gaji yang akan dikenakan pada pencari kerja.
  • Mencari sendiri melalui koran lowongan kerja yang bisa didapat di berbagai tempat, seperti di stasiun, konbini, dan sebagainya.

4Menikah dengan Orang Jepang

Cara ini yang bisa dicoba oleh mereka yang masih single. syarat kerja di jepang yang satu ini patut anda pikirkan. Kesempatan untuk bekerja di Jepang akan lebih mudah jika memiliki hubungan pernikahan dengan warga negara Jepang.

Sebelum memutuskan akan memilih cara yang mana, perlu diketahui ada 3 kelompok lowongan pekerjaan yang tersedia untuk mereka yang tertarik bekerja di Jepang.

  • Pegawai magang, atau Kenshusei.
  • Tenaga perawat (Kangoshi) dan Caregiver (Kaigofukushishi) : Untuk kategori ini, penyalurannya resmi antar pemerintah.
  • Pekerja profesional

Jangan berharap di Jepang akan tersedia pekerjaan menjadi kasir swalayan, pembantu rumah tangga, cleaning service, pegawai bangunan/pekerja proyek, dan jenis pekerjaan lain yang lazim dilakukan oleh  TKI (Tenaga Kerja Indonesia) maupun TKW di berbagai negara lain.

Kenapa?

Karena itu berkaitan dengan budaya setempat. Pekerjaan RT di jepang selalu di lakukan sendiri. Begitu juga dengan kasir swalayan, dan pegawai bangunan, biasanya tersedia sebagai lowongan kerja paruh waktu (part time) bagi ibu rumah tangga maupun mahasiswa. Kecuali jika memang sudah berada di Jepang dengan visa non-turis, mungkin saja bisa mencoba melakukan berbagai pekerjaan part-time tersebut.

SHARE
Bintang Raksaguna
Tidak ada yang instan untuk mendapatkan sesuatu, membaca dan menulis adalah salah satu caranya. Bukan kertas yg di bakar, abu-nya di campur air lalu diminum :D

WHAT DO YOU THINK