5 Cara Menabung Buat Kamu Yang Hobi Travelling Tapi Gaji yang Pas-pasan

Kamu yang memiliki penghasilan lebih, uang bukan menjadi masalah. Walaupun itu juga tergantung kemahiran kamu dalam mengelola keuangan. Tetapi bagi yang berpenghasilan pas-pasan, traveling bisa jadi hanya mimpi yang berkepanjangan. Terlebih jika maunya jalan-jalan ke luar negeri. Solusi yang paling umum : Menabung.

Uang memang sering menjadi kendala utama bagi kamu yang bergaji pas-pasan namun ingin jalan-jalan. Kamu harus lihai mengatur cash flow supaya kebutuhan bulanan terpenuhi sambil tetap bisa jalan-jalan.

 

11. Menambah Nominal Tabungan Setiap Akhir Pekan

Cara menabung ini diperkenalkan Odilia Gracillia, pemilik Gadisransel. net yang telah mengelilingi banyak negara. Awalilah menabung dengan Rp 1. 000 per hari di minggu pertama. Minggu kedua Rp 2. 000 setiap hari, begitu selanjutnya sampai minggu ke-53. Dengan cara ini, dalam setahun dapat terkumpul hingga Rp 9, 9 juta.

22. Menabung Berdasarkan Tanggal

Tips ini masih tetap dari Odilia, caranya adalah menabung dengan kelipatan nominal Rp 1. 000. Tanggal 1 Kamu sisihkan Rp 1. 000, kemudian Rp 2. 000 di tanggal 2, dan seterusnya hingga bulan berakhir. Ulangi lagi dari nominal paling rendah pada awal bulan. Dengan begini saja tabungan Kamu mencapai Rp 5, 7 juta dalam setahun.

33. Menabung dengan Pecahan Tertentu

Trik ini marak beberapa waktu lalu. Prinsipnya, pilih pecahan uang yang akan ditabung dan langsung kamu simpan jika mendapatkan pecahan itu. Kamu bebas memilih, pecahan nominal Rp 5.000, Rp 20 ribu atau bahkan juga Rp 100 ribu. Ambil contoh pecahan Rp 100 ribu, jika dalam sehari memperoleh dua pecahan, Kamu sudah menabung Rp 200 ribu.

44. Berhenti Merokok Sekaligus Menabung

Trik ini juga ramai diperbincangkan saat ini. Selain bisa membunuh, merokok sangat membebani kantong. Coba berhentilah merokok dengan memasukkan uang belanja rokok kamu ke celengan. Contoh hitungan kasar, jika Kamu membelanjakan Rp 20 ribu setiap hari untuk rokok, dalam satu tahun kamu akan menghabiskan Rp 7, 3 juta. Kamu bisa bebas dari jeratan nikotin dengan menabung sekaligus bisa membeli tiket Jakarta-Hawai pergi pulang, bagaimana ?

55. Tabungkan Anggaran Belanja Gaya Hidup

Coba periksa barang Kamu, berapa potong pakaian yang kamu perlukan sebenarnya, berapa botol parfum koleksi Kamu, atau berapa kali mengganti gadget dalam setahun terakhir.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...