8 Tips Perjalanan Aman Buat Wanita Yang Suka Travelling Sendirian

pengalaman traveling sendiriPergi seorang diri ke tempat yang sama sekali belum pernah di kunjungi mungkin bukan ide baik untuk dilakukan oleh seorang perempuan. Resiko akan mendapatkan gangguan dari orang-orang iseng harus jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk travelling seorang diri.

Sebagian perempuan menganggap kalau travelling seorang diri adalah pilihan yang kurang tepat, kecuali kamu benar-benar tahu lokasi yang kamu tuju. Namun ada banyak faktor yang membuat sebagian perempuan terus berfikir seribu kali untuk memulai perjalanan sebagai solo female traveller, salah satunya adalah faktor keamanan. Semua orang tentunya ingin merasakan liburan yang menyenangkan tanpa ada hal buruk menimpanya.

Namun bukan berarti seorang perempuan tidak bisa melakukan perjalanan seorang diri ke berbagai tempat. Butuh persiapan yang cukup dan matang sebelum Kamu benar-benar melakukan perjalanan seorang diri. Indonesian Free mencoba merangkum beberapa tips agar perjalanan solo travellingmu menyenangkan dan aman, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut, ladies.

1Pakai Cincin Kawin

Jika Kamu telah menikah atau bertunangan, pakailah selalu cincin tunangan atau pernikahan Kamu saat akan melakukan perjalanan seorang diri. Hal ini efektif mencegah kemungkinan gangguan dari pria yang Kamu temui di sepanjang perjalanan.

2Jangan Takut Berkata “Tidak”

Kamu tidak perlu takut mengecewakan orang lain saat kamu mengatakan yang sebenarnya. Perjalanan solo traveling adalah tentang kamu dan orang lain. Kamu akan banyak menemukan orang baru, ketika orang baru itu banyak menawarkan kebaikan atau bahkan keburukan, kamu sah saja untuk mengatakan tidak.

Hal ini dilakukan karena, semua orang yang kita temui saat perjalanan, belum tentu mereka akan membantu kita dengan baik. Kamu harus tetap siaga pada setiap orang baru yang kamu temui.

3Jangan Terlihat Bingung

Sebaiknya sebelum Kamu pergi segala persiapan sudah matang, hingga soal rute perjalanan. Jangan sampai saat ditengah perjalanan Kamu terlihat kebingungan karena tidak tahu arah dan tujuan.

4Jangan Berjalan Sendiri di malam Hari

Di beberapa wilayah berjalan sendirian pada malam hari memang aman, tetapi ditempat lain itu bisa saja berbahaya untuk solo female traveler seperti kamu. Jika kamu memang memutuskan untuk pergi di malam hari, sebaiknya kamu bertanya keadaan suatu kota itu pada penjaga hotel atau mereka yang sebelumnya pernah mengunjungi tempat tersebut.

Usahakan juga untuk mencari hotel yang staregis yang dekat dengan tempat makan, minimarket, dan ATM, agar kamu tidak harus jalan sendirian untuk kebutuhanmu selama travelling. Itu akan jadi pilihan tepat untuk kamu yang tetap memillih keluar pada malam hari.

5Bawa Alat Pelindung

Membawa alat pelindung kemanan sangat disarankan. Alat itu bisa Kamu gunakan dalam keadaan darurat.

6Jangan Berpenampilan Mencolok

Jangan mengenakan kostum yang mencolok, Penting juga untuk tidak terlihat takut dan ragu saat pergi sendirian, karena saat berada ditempat yang asing memang terkadang muncul rasa takut, itu justru akan membuat kamu terlihat rapuh dan mudah untuk diserang orang jahat.

7Informasikan Kebedaraan Kamu Pada Teman

Pastikan seseorang (anggota keluarga, teman atau kekasih) tahu rencana perjalanan serta jadwal dan dimana kamu bermalam. Jika kamu mengubah rencana atau jadwal perjalanan, coba informasikan pada mereka.

Hal ini dilakukan agar orang yang tertentu tahu keberadaan dan keadaan mu. Ketika kamu mengalami masalah atau kehilangan kontak, maka seseorang yang mengetahui jadwal perjalanan mu akan merasa aman.

8Siang Hari Menjadi Waktu yang Tepat

Hal yang kurang menyenangkan memang dapat terjadi kapan saja. Sebaiknya lakukanlah perjalanan di siang hari. Dengan begitu, setidaknya kamu dapat menjelajah dengan lebih aman. Selain meminimalisir berbagai tindak kejahatan, langkah ini akan mencegahmu semakin kebingungan atau tersesat di lingkungan yang tidak familiar saat hari sudah gelap.

Nah, itulah tips-tips bagi perempuan yang ingin melakukan solo travelling. Sudah berani untuk memutuskan solo traveling ladies? Selain perlengkapan sudah siap untuk menemani solo traveling kalian, pastikan juga kamu sudah memiliki mental yang kuat agar lebih percaya diri melakukan perjalanan sendirian.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...