6 Fakta Menarik dari Pohon atau Tanaman Ganja Yang Jarang Diketahui Orang

Pohon Ganja atau dalam bahasa ilmiah Cannabis Sativa Syn adalah tumbuhan yang masuk dalam katergori psikotropika karena mengandung zat “tetrahidrokanibol“. Zat ini jika masuk dalam tubuh manusia akan membuat sebuah fantasi euforia atau perasaan senang yang begitu kuat meskipun tanpa sebab yang jelas.

Efek zat “tetrahidrokanibinol” ini yang membuat orang menjadi mengalami euforia berlebih menjadikan ganja sebagai tanaman terlarang atau jenis-jenis narkoba di hampir semua negara. Daun ganja di anggap sebagai pemicu zat yang berbahaya dan juga salah satu dari daftar narkotika.

Meskipun ganja secara hukum adalah sebuah zat yang masuk dalam zat terlarang, tapi ternyata ganja hadir dalam sebuah budaya sebagai simbol sebuah perlawanan kapitalisme atau disebut “pop culture“.

Kita dapat melihat kebelakang pada tahun antara 1950 sampai 1970 dimana ganja menjadi sebuah simbol budaya kaum Hippies di negara Amerika sampai dengan awal dekade 90-an Bob Marley seorang musisi reage yang identik dengan lintingan ganja ini.

Ganja dikatakan sebagai tanaman paling kontroversi karena fakta-fakta yang terjadi akibat tanaman ini. Selain dari fakta tanaman ganja diatas, masih ada fakta-fakta unik tentang manfaat ganja yang belum banyak orang ketahui. dilansir dari Huffington post.

1. Tidak Pernah ditemukan Orang Meninggal Karena Overdosis Ganja

manfaat ganjaZat yang mengandung psikotropika selalu berkaitan dengan hal yang berbahaya dan membuat kecanduan bahkan mematikan kalau digunakan secara berlebihan, atau sering disebut dengan overdosis.

Tahukah kamu? Ternyata sejak pertama tanaman ini ditemukan belum ada fakta yang membutktikan bahwa tanaman ganja ini membuat orang mati karena overdosis. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2010 kurang lebih 38.329 orang meninggal overdosis karena narkoba. Survey ini membuktikan bahwa 60% dari orang yang meninggal karena overdosis adalah justru karena obat yang sudah memiliki resep.

Ditahun yang sama pula 25.692 orang meninggal karena meminum minuman beralkohol bukan karena ganja. Bahkan dikatakan ganja lebih aman daripada kacang yang menewaskan 100 orang setiap tahunnya karena reaksi alerginya.

2. Ganja Lebih Aman Daripada Alkohol dan Rokok

manfaat ganjaMenyandang status sebagai salah satu jenis narkotika, ganja selalu mendapatkan stigma negatif sebagai barang yang paling berbahaya jika di konsumsi. Hal ini salah, Ganja mungkin akan menjadi zat yang berlebihan jika di konsumsi berlebihan, semua zat juga begitu, jika di konsumsi secara berlebihan tidak baik.

Bagaimana dengan alkohol dan rokok? Semua orang pasti setuju bahwa kedua barang tersebut sangat tidak bagus untuk tubuh manusia. Apakah pernah ada yang tahu bahwa sebenarnya alkohol dan rokok lebih berbahaya dari ganja? Mungkin terdengar aneh, Tapi memang faktanya seperti itu. Jika kita bandingkan dengan rokok atau alkohol ganja memang relatif lebih aman. Karena daun dari ganja ini hanya menimbulkan efek histeria pada penggunanya.

Bandingkan saja rokok yang sudah jelas memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan dari data WHO ditahun 2012, Alkohol tercatat membuat orang mati satu orang setiap 10 menit sekali. Belum lagi munculnya penyakit kronis lainnya seperti sirosis hati dan kanker. Mungkin kedepannya ganja bukan lagi masuk jenis narkotika 🙂 .

3. Tingkat ketegantungan dari mengkonsumsi Ganja Sangat Rendah

manfaat ganjaKita setiap hari pasti sudah sering sekali mendengar keluhan dai para pecandu rokok dan Alkohol tentang betapa sulitnya mereka untuk bisa lepas dari ketergantungan zat-zat adiktif tersebut. Rokok tidak memberikan efek candu sehebat alkohol, narkoba bahkan efek euforia seperti pada ganja. Anggapan tersebut berlaku pada ganja yang yang katanya membuat orang merasa kecanduan berat.

Faktanya, sebenarnya ganja tidak membuat penggunanya kacanduan secara terus menerus untuk menghisapnya. Seseorang yang pernah merasakan menghisap ganja tidak akan merasakan ingin menghisapnya terus menerus, hanya ingin mengulangi karena efek euforia yang didapatkan dari menghisap ganja. Namun, bukan berarti membuat mereka ingin terus ingin mengulangi menghisap setiap hari.

Hal ini diperkuat dari keterangan Dr Sanjay Gupta yang mengatakan kepada koresponden Medis CNN bahwa, ganja tidak seadektif yang dipikirkan orang-orang. dia menyebutkan bahwa, ganja hanya menyebabkan ketergantungan sekitar 9 sampai 10 persen pada orang dewasa. Jelas angka ini jauh diatas kokain yang mencapai 20 persen, Heroin, 25 persen dan rokok 30 persen.

4. Ternyata Banyak Orang Sukses Yang Mengkonsumsi Ganja

manfaat ganjaMari kita sebutkan orang-orang sukses atau orang kaya didunia yang ternyata mengkonsumsi ganja. Maya Angelou, Ted Turner, Martha Stewart, Rush Limbaugh dan Michael Bloomberg adalah orang-orang yang sukses dibidangnya. Mereka meraih kesuksesan dibidangnya masing-masing, Namun mereka memiliki satu kesamaan yaitu sebagai penghisap ganja.

Tentunya mereka tidak mengkonsumsi ganja setiap hari dan tidak berlebihan juga. Orang-orang sukses ini hanya menghisap ganja untuk istirahat yang cukup. Jelas, ini sangat berhubungan dari sifat ganja itu sendiri yaitu memberikan efek tenang kepada penggunannya.

Tapi, kita juga harus bijak tidak boleh menggunakan ganja secara berlebihan, alih-alih ingin seperti orang-orang sukses diatas dan ingin sukses, bukannya sukses yang didapat, malahan sebuah fantasi dan ilusi saja. di tambah nyantren di cipinang 😀

5. Ganja adalah Obat Tidur Paling Ampuh di Dunia

manfaat ganjaPermasalahan yang paling utama di era yang serba cepat ini adalah tidur. Banyaknya beban kerja dan permasalahan-permasalahan membuat banyak orang sangat sulit untuk memejamkan mata dimalam hari.

Oleh karen itu, banyak orang memilih untuk memimum obat tidur sebagai sebuah solusi dari masalah ini. Namun pada faktanya, obat tidur yang kita konsumsi hanya bisa membuat tubuh kita terlelap tidur tapi tidak istirahat secara penuh. Selain itu, obat tidur membuat efek negatif bagi tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus.

“Sejak jaman dulu kala, alam sudah menyediakan obat tidur dalam bentuk ganja. Selain memberikan efek bahagia ganja juga adalah obat tidur paling ampuh di dunia”

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh David Downs yang memperlajari mengenai gangguan tidur, Cara terbaik untuk bisa terlelap tidur adalah dengan mengunyah daun ganja untuk mengurangi gangguan tidur. Menurut David, dengan mengunyah ganja orang bisa tidur lebih nyenyak. Wah, ini kok mirip sekali dengan budaya nenek moyang kita yang suka mengunyak sirih ya.. 🙂

6. Ganja Dapat Meringankaan Berbagai Penyakit

manfaat ganjaApakah kamu masih ingat, Belum lama kita di hebohkan dengan sebuah kasus seorang bernama Fidelis Ari Wiboso seorang PNS yang tertangkap menanam ganja di halaman depan rumahnya.

Bukan karena menanam ganjanya yang membuat kasus ini menjadi unik, tapi justru alasan dia menanam ganja yang tergolong tidak biasa atau tidak wajar. Fidelis menanam ganja bukan untuk di konsumsi dirinya atau di perjual belikan, melainkan untuk istrinya yang sedang sakit dan di diagnosa mengidap Syringomyelia.

Syringomyelia adalah sebuah penyakit yang biasanya menyerang sumsum tulang belakang. Menurut kakak iparnya yang bernama Yohana, sejak adikanya mengkonsumsi ganja tersebut kesehatan adiknya berangsur pulih dan membaik. Tangan kirinya yang tadinya lumpuh total sekarang sudah bisa bergerak. Sayangnya setelah fidelis ditangkap polisi, sudah tidak ada lagi yang memberikan ganja kepada Yeni istrinya sampai Yeni pun akhirnya meninggal pada 25 maret yang lalu.

Ternyata, bukan sebuah kebetulan belaka, menurut catatan media yang dikeluarkan oleh Discovery Health, Ganja memang sangat bagus untuk di konsumsi untuk mengurangi rasa mual setelah kemoterapi. Ini juga berlaku untuk pengidap penyakit HIV AiDS karena ganja bisa meningkatkan nafsu makan penggunanya. Selain itu, ganja sangat bagus untuk mengurangi ketegangan otot, kejang sampai dengan nyeri kronis seperti pada kasus yang dialami Yeni diatas.

Gimana Freeners, ternyata ganja bermanfaat lho jika di konsumsi secara tepat. Itulah fakta-fakta unik tentang ganja yang jarang diketahui banyak orang. Ternyata ganja tidak seburuk yang kita bayangkan selama ini ya..

Tapi meskipun bagus jika di komsumsi, kita tidak boleh menggunakannya dengan alasan apapun karena ganja di negara kita adalah barang ilegal yang di larang untuk menggunankannya. Jika kamu coba-coba memakainya, siap-siap saja kamu akan mendekam di jeruji besi 🙂

Semoga bermanfaat!

 

BERIKAN KOMENTAR

 

WHAT DO YOU THINK