14 Jurus Ini Bisa Kamu Praktekkan Agar Selalu Menang dalam Berargumen

Setiap pekerjaan atau tugas dengan tim pasti akan ada kalanya di mana kita akan menyampaikan ide, pendapat atau gagasan. Dan kita selalu berharap banyak dari mereka yang menyepakati dan pada akhirnya ikuti apa yang kita kemukakan. Tapi jadi seorang yang menang dalam setiap alasan pasti bukan hal yang gampang. Meskipun kita percaya kalau inspirasi yang kita punyai cukup hebat, pastinya akan ada saat di mana kita akan kalah dari orang lain. Nah, di bawah ini yaitu cara rahasia yang dapat dipakai agar alasan kita bisa di terima dalam diskusi dan cara agar menang dalam berargumen :

1. Memperjelas Maksud Kita

Jika kita tidak yakin atas apa yang lawan katakan, kita berhak meminta mereka untuk menerangkan kembali. Dalam panasnya argumen, kita seringkali lakukan serangan balik dengan refleks tanpa ada meyakinkan kalau kita sudah mendengar pihak lain. Dan ini malah membuang – buang waktu dan buat kita terlihat buruk.

2. Tetaplah Tenang

Jadilah pribadi yang sadar akan emosi sendiri. Saat kita geram dan ada perasaan takut tersaingi, itu saat di mana kita sebenarnya sedang lemah. Jadilah orang yang semangat, ekspresif, tapi tetaplah tenang dan melanjutkan aktivitas dengan baik. Amarah buat kita kurang menarik.

3. Jangan Mengkonversi

Lupakan mengenai bagaimana caranya kita berusaha untuk merubah pendapat lawan agar sama dengan kita. Janganlah buat mereka untuk tunduk dan mohon maaf atas kekeliruan kecil yang diperbuat. Tugas kita yaitu untuk meningkatkan keraguan atas kebijaksanaan pandangan mereka.

4. Dengarkan Mereka

Jadilah pendengar yang baik. Yakinkan kita mendengar dan mengerti apa yang di sampaikan oleh lawan beragumen kita. Pelajari bagaimana caranya mendengar yang baik dan bagaimana memberi mereka respon.

5. Janganlah Takut karena Ragu

Saat berdebat atau berargumen pasti kita pernah merasa sangsi dengan apa yang kita usulkan dan kita debatkan. Tapi tugas kita yaitu bagaimana menarik mereka untuk dapat memperoleh keuntungan dari ide yang kita usulkan dan dari kekurangan lawan. Kita dapat memperoleh keyakinan dari keraguan mengakui kalau gagasan kita tidak sempurna, tapi tetaplah mencari alternatif pemecahan problemnya.

6. Dapatkan Kepercayaan dari Audiens

Perlu untuk kita dalam berupaya mencapai kemenangan berargumen yaitu bisa meyakinkan audiens mengenai pendapat kita. Ungkapkan pendapat itu dalam setiap pertemuan, meskipun tidak selamanya jadi pembahasan paling utama. Ini akan buat kita tampak memegang prinsip atas apa yang kita katakan.

7. Kontrol Diri

Ada saatnya juga kita harus mengontrol diri untuk tidak terlalu berikan banyak perhatian pada setiap agenda perbincangan. Mereka yang dapat mendeskripsikan problem dan menetapkannya jadi prioritas yaitu mereka yang menggunakan cara untuk menang.

8. Berikan Gambaran

Analogi yaitu langkah yang ampuh dan persuasif untuk membawa pulang point, terlebih saat satu analogi menghubungkan subyek pada problem pengalaman pribadi audiens. Tapi tetap berhati – hati dengan analogi. Gunakan mereka untuk porsi yang kecil, tentu saja maksudnya adalah untuk meningkatkan dan menjaga validasi yang kita gunakan.

9. Buat Konsesi

Saat kita bisa mengaku satu hal tanpa ada merusak sikap kita, jadi itu yaitu satu diantara seni besar untuk memenangkan argumen. Jadi seseorang debater, Abraham Lincoln mengaku kalau satu negara mempunyai hak atas warga negaranya, tapi tidak memiliki hak untuk memperbudak atau memperbudakkan mereka ke negara lain.

10. Tetaplah Rendah Hati

Dalam setiap session perbincangan, kita akan ditempatkan dalam 2 pilihan : Pilih untuk memperoleh perhatian yang luas untuk semua orang, memberi mereka kompromi dan jadi lebih sederhana dan teratasi dalam setiap persentasi. Atau jadi konsentrasi disuatu hal spesifik, bahkan dengan kemungkinan diasingkan oleh orang lain.

11. Jangan Sampai Mengutuk

Jangan sampai mengutuk lawan untuk setiap maksud atau basic dari inspirasi yang mereka usulkan.

12. Sederhana

Tetaplah jadi sederhana, bersungguh – benar-benar dan janganlah berusaha untuk terlalu terlihat mengesankan. Check terlebih dulu emosi yang kita miliki, dan berusaha untuk menerangkan pada audiens secara detail, karena ini adalah usaha untuk mendekatkan diri pada mereka.

13. Jadilah Sebuah Gunung Es

Pelajari selanjutnya mengenai tema yang akan dibicarakan, dari pada cuma membayangkan dapat diterapkan atau tidak dalam acara. Tapi ada saatnya tunjukkan penguasaan pada kenyataan bisa menaikkan otoritas kita dan jadi seperti mengintimidasi lawan.

14. Mengatahui Lawan

Memahami tempat musuh atau lawan berdebat dengan jelas akan buat kita jadi gampang untuk menang. Karena mengetahui posisi diri sendiri cuma terhitung setengah menang dalam pertempuran.


BERIKAN KOMENTAR