Inilah Mengapa Langit dan Air Laut Berwarna Biru Menurut Fisika

Apakah kamu bertanya-tanya mengapa langit berwarna biru? Padahal jika kita lihat lebih dekat, langit itu tidak berwarna, Itulah warna langit sebenarnya. Nah, mengapa langit berwarna biru? Menurut fisika, ini adalah hasil dispersi cahaya matahari. Begitu juga air laut berwarna biru, merah ataupun hijau.

Mengapa langit berwarna biru pada siang hari?

mengapa langit berwarna biru menurut fisika
© publicdomainpictures

Mengapa langit berwarna biru menurut fisika – warna biru langit terjadi karena cahaya matahari mengalami difraksi, Matahari memancarkan cahaya warna putih ke bumi. Bumi dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari berbagai macam gas seperti: oksigen, nitrogen, argon, dan juga uap air yang akan menyerap cahaya putih tadi.

Apakah kamu masih ingat pelajaran fisika yang membahas mengenai cahaya putih yang jika dilewati bidang prisma, maka akan terdispersi menjadi spektrum cahaya.

Itu sama dengan apa yang terjadi pada cahaya matahari, Setiap warna dipancarkan pada ketebalan prisma yang berbeda-beda. Tingginya panjang gelombang yang tinggi yang ditangkap oleh mata akan terlihat sebagai warna orange, merah dan kuning. Sedangkan panjang gelombang yang rendah dikenali oleh mata sebagai warna biru, ungu, dan hijau.

Peristiwa-peristiwa diatas disebut Rayleigh scattering. Menurut Pakar, Rayleigh, cahaya yang bergelombang rendah akan memiliki intensitas perpendaran yang lebih besar.

Ketika senja datang, langit yang tadinya terlihat berwarna biru atau berwarna putih akan berubah warna menjadi merah kekuningan. Peristiwa karena posisi matahari yang tadinya tepat di atas kita berubah menjadi serong sehingga jarak pandang kita juga berubah.

Warna yang memiliki panjang gelombang tinggi seperti warna merah itu lalu diteruskan pada atmosfer yang lebih tebal sehingga membuat warna langit tampak merah jingga pada saat matahari terbit atau terbenam.


BERIKAN KOMENTAR