YouTube Menambahkan Info dari Wikipedia di Video yang Terkait Konspirasi

Ada banyak banget video konspirasi yang menyebar di YouTube dan itu sering menyebabkan kontroversi sampai kesalahpahaman penontonnya. Untuk menangani hal itu, YouTube rupanya mempunyai gagasan sendiri untuk mengatasinya nih. Kira-kira apa ya gagasan youtube siap menangkal hoax ?

YouTube akan memberikan info dari Wikipedia ke video mengenai teori konspirasi untuk memberikan sudut pandang alternatif tentang tema yang kontroversial, seperti yang diungkapkan sang CEO.

1. YouTube akan memberi rujukan di kolom khusus yang diisi tautan Wikipedia sebagai sumber referensi

CEO YouTube Susan Wojcicki menyebutkan kalau kolom teks tempat menaruh info dari Wikipedia ini akan mulai terlihat di video yang terkait dengan konspirasi dalam beberapa minggu ke depan. Wojcicki tunjukkan contoh info untuk video mengenai pendaratan bulan dan jejak pesawat terbang yang tampak di langit.

Bila ada video yang terlalu fokus disuatu hal yang disebut konspirasi, YouTube akan memakai daftar kompilasi internet populer yaitu Wikipedia. YouTube akan tunjukkan unit info pendamping dari Wikipedia yang menunjukkan kalau ada info beda yang mengulas hal itu dan dapat dijadikan rujukan.

2. Wikipedia dipandang dapat memberi pendekatan empiris yang lebih netral

Rujukan info yang dimaksud yaitu info yang muncul langsung dibawah video jadi kolom teks pendek, dengan tautan ke Wikipedia untuk info selanjutnya. Walau sebenarnya Wikipedia juga sebenarnya adalah ensiklopedi yang ditulis oleh sukarelawan jadi sumber info yg tidak prima dimana umumnya mahasiswa masih tetap dilarang mengutipnya di tugas mereka.

Namun biasanya isi Wikipedia memberi pendekatan empiris yang lebih netral untuk memahami konspirasi dari pada video sensasional yang keluar di YouTube. Tetapi YouTube bisa menunjukkan sumber info alternatif tambahan di video kontroversial di masa mendatang.

3. Langkah ini dilakukan setelah YouTube di serang beberapa content radikal

Langkah ini dilakukan sehabis selama setahun YouTube diserang atas content radikal dan YouTube dinilai memberi algoritma berbentuk referensi yang mendorong penonton ke video radikal. Wojcicki tidak mengatakan berapa banyak video konspirasi yang tercatat oleh YouTube, tetapi diprediksikan selalu berkembang seiring waktu berjalan. Feature ini dapat kamu gunakan agar tidak mudah termakan hoax!


BERIKAN KOMENTAR