Apa Sih Intuisi itu? Mengapa Kita Harus Menurutinya?

Sudah pernahkah Kamu dihadapkan pada beberapa pilihan dan Kamu langsung memilih tanpa berpikir panjang? Mungkin saja waktu itu Kamu mengandalkan intuisi serta perasaan Kamu. Intuisi Kamu berkata jika semua akan berjalan lebih baik bila memilih keputusan tersebut . Intuisi bisa hadir kapan saja, bahkan juga saat Kamu tengah bermain catur maupun permainan lainnya yang membuat Kamu harus mengambil langkah saat gilirannya, intuisi muncul dan memberi Kamu inspirasi terkait apakah yang perlu dilakukan.

Tetapi, coba tanyakan pada diri Kamu, berapa yakin Kamu dengan intuisi yang Kamu punya? Kebanyakan orang memiliki intuisinya masing-masing, tapi tidak semua orang yakin dengan intuisinya. Akan tetapi, tahukah Kamu jika nyatanya intuisi bisa dijelaskan secara ilmiah? Bahkan juga beberapa riset mengatakan jika intuisi ialah jawaban yang sangat pas saat kita diajukan dengan beberapa pilihan.

Bagaimana intuisi dapat terbentuk? Bagaimana intuisi bisa membuahkan keputusan yang tepat? Lalu, apa tiap-tiap orang mempunyai potensi intuisi yang sama? Berikut penjelasannya apa sih intuisi? Haruskan kita menurutinya?

Apakah itu Intuisi?

Intuisi ialah inspirasi atau ide yang muncul dari seseorang individu serta digunakan menjadi pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan tanpa didahului dengan analisa yang disengaja. Rumor mengenai intuisi sudah diperdebatkan oleh beberapa filsuf serta ilmuwan sejak jaman Yunani kuno dan baru sekarang ini para peneliti tahu bagaimana intuisi terbentuk dan dari mana asalnya.

Beberapa penelitian sudah menunjukkan jika intuisi bisa menolong seorang dalam memutuskan yang benar. Misalnya, Riset yang dikerjakan pada tahun 1980an yang menyertakan beberapa perawat menjadi respondennya, menunjukkan jika perawat yang sudah bekerja kurun waktu yang lebih lama, bisa membuat keputusan yang cepat tapi hasilnya baik serta benar. Pada riset itu, timbulnya keputusan yang cepat dimaksud dengan intuisi.

Riset lainnya yang dikerjakan pada orang-orang yang akan membeli mobil. Dari riset itu, customer yang mengumpulkan info terlebih dulu terkait mobil yang akan dibeli serta menghabiskan waktu saat memilih mobil, nyatanya membuahkan rasa senang sebesar 25% saja. Sesaat orang yang langsung dengan cepat pilih mobil yang mereka beli serta mengandalkan intuisi mereka, mempunyai rasa senang yang lebih tinggi yakni sekitar 60%. Dari beberapa penelitian itu, beberapa ilmuwan menyimpulkan jika seorang yang menentukan pilihan secara cepat serta memakai intuisinya seringkali membuahkan keputusan yang tepat.

Dari Tempat Mana Intuisi Berasal?

Didalam otak, ada dua type sistem berpikir, yakni sistem sadar serta sistem tidak sadar (bawah sadar). Sisi otak yang mengatur sistem sadar manusia ialah otak kiri serta sistem ini bekerja dengan lebih lambat, jadi pusat analisa, rasional, bekerja berdasarkan kenyataan serta pengalaman yang sempat terjadi, dan semua yang dikerjakan sistem ini di ketahui oleh Kamu. Sementara sistem bawah sadar ataukah tidak sadar, ditata oleh otak kanan, bekerjanya tidak di ketahui dengan sadar, serta menghasilkan tanggapan yang cepat.

Lalu bagaimana dengan intusi? Intuisi ditata oleh sistem bawah sadar Kamu. Intuisi sebetulnya juga datang dari info atau pengalaman yang sempat Kamu alami sebelumnya, akan tetapi info itu ada di alam bawah sadar Kamu. Saat intuisi muncul karena itu keputusan itu ialah ketetapan yang muncul dari alam bawah sadar Kamu. Hingga, intuisi muncul tanpa Kamu harus berpikir dengan masak serta mengkaji semua peristiwa yang sempat terjadi, tiba-tiba muncul begitu saja.

Lalu Apa Saya Mesti Mempercayai Intuisi Saya?

Beberapa orang yang menyepelekan intuisi. Walau sebenarnya dari beberapa riset yang sudah dilakukan, menunjukkan jika intuisi bisa jadi jawaban yang terbaik dan benar bila Kamu dapat mengasahnya. Ya, intuisi juga butuh diasah. Menurut beberapa peneliti, intuisi akan menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya waktu serta tergantung dengan seberapa sering Kamu menggunakannya.

Alasan kenapa Kamu perlu mempertimbangkan intuisi ialah karena intuisi sering kali ‘tahu’ apakah yang terbaik untuk Kamu walaupun tidak dapat dipahami dan dianalisis dengan sadar. Beberapa pakar bahkan juga menyatakan jika sistem alam bawah sadar Kamu sudah tahu jawaban yang benar sebelum sistem sadar mengetahuinya. Hingga, jangan sampai menyepelekan intuisi yang muncul saat Kamu ada dibawah pilihan yang susah. Kadang intuisi tahu apakah yang perlu Kamu pilih dibandingkan dengan analisa Kamu yang membutuhkan waktu yang lama.


BERIKAN KOMENTAR