Ragam Bentuk Investasi Kontemporer yang Patut Kamu Pertimbangkan

jenis investasi jangka panjangTipe investasi non konvensional sebenarnya telah lama di kenal oleh orang-orang Indonesia, namun pengelolaannya masih tetap bersifat pribadi. Investasi ini dilakukan tanpa menggunakan product dari instansi keuangan dengan memanfaatkan instrumen aset tetap atau barang yang dengan nilai tertentu.

Apa sajakah investasi non konvesional atau macam-macam investasi kontemporer yang dapat Kamu tentukan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan di masa depan?

1. Rumah dan Tanah

Property masih tetap jadi pilihan investasi favorite orang-orang Indonesia, terlebih di kota-kota besar. Keperluan akan tempat tinggal dan rumah juga semakin meninggi. Oleh karenanya, nilai properti tak sempat turun dari tahun ke tahun.

Kesulitan untuk mulai investasi property ini yaitu dana awal. Minimum, Kamu butuh Rp300juta – Rp400 juta untuk mempunyai satu property.

Jangan berkecil hati, Kamu dapat memperoleh dana untuk mencicil pembelian property dengan program KPR.

2. Logam Mulia

Logam mulia seperti emas jadi pilihan investasi karna nilainya yang selalu naik setiap tahun dan tidak tergerus oleh inflasi. Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi logam mulai. Sekarang ini Kamu bahkan dapat mencicil beli emas mulai Rp100 ribu lewat produk tabungan emas yang di keluarkan oleh Pegadaian.

Yang butuh Kamu ketahui, kenaikan harga emas cederung stagnan. Mengakibatkan, keuntungan baru betul-betul dapat dirasa setelah jangka waktu yang lama, bisa di bilang ini adalah jenis investasi jangka panjang.

3. Koleksi Benda Seni

Buat orang-orang Indonesia, benda seni masih tetap dilihat satu koleksi. Belum juga cukup banyak orang yang menyadari besar nilai investasi didalamnya sebanding dengan keindahan yang tampak dari luar.

Walau sebenarnya, keuntungan yang Kamu peroleh dengan berinvestasi benda seni cukup menggiurkan. Harga jual satu lukisan dapat menjangkau puluhan sampai ratusan juta. Tidak heran jika bank Mandiri menjadikannya salah satu investasi terbaru yang menjanjikan.

Meski begitu, tidak disangkal berinvestasi benda seni cukup susah karna perlu pemahaman dan selera yang tepat masalah dunia seni. Diluar itu, dana yang diperlukan untuk mulai investasi ini juga tidak tentu, bergantung karya dan popularitas seniman itu sendiri.

4. Product Fashion Branded

Kamu suka belanja? Jangan langsung merasa boros. Baju, tas, dan sepatu bermerek Kamu mungkin saja investasi dengan nilai begitu tinggi, lho. Jika Kamu ingin coba investasi ini, Kamu dapat mulai memilah-milah product yang akan dibeli dari saat ini.

Ingat, barang yang dapat jadi investasi cuma product merek internasional dengan standard kualitas baik dan mempunyai sertifikat beli resmi. Dengan kata beda, dana untuk investasi ini banyak. Tenang saja, Kamu dapat mengakali untuk belanja product branded dengan gunakan feature promo kartu credit.

5. Barang Vintage

Perangko lama, komik tua, album plakat vinyl yang dilaunching terbatas umumnya jadi incaran beberapa kolektor. Mereka juga tidak enggan membayar mahal untuk barang itu untuk lengkapi koleksinya.

Jadi, tidak salah jika Kamu mulai menyatukan beberapa barang itu karna nilainya selalu naik di pasaran.

Bandingkan dan Tentukan Investasi Terbaik

Setiap investasi miliki kelebihan dan kekurang. Saat memilihnya, Kamu juga harus senantiasa berpatokan pada prinsip high risk, high return.

Dari sisi keuntungan, nilai investasi non konvensional dapat naik secara cepat. Resiko nilainya turun karna inflasi juga sangat kecil. Selain itu, benda-benda tersebut diatas juga bisa jadikan jaminan untuk mengajukan utang ke bank dalam kondisi darurat.

Meskipun demikian, resiko bisa keluar dari bagian regulasi dan system pengaturan dengan hukum. Nilai return sangat tergantung pada keadaan pasar dan hanya dapat dibuka oleh kelompok tertentu. Untuk semakin untung dan menghindari kerugian, Kamu perlu mempunyai pengetahuan yang cukup dalam pilih produk investasi.

Jika dibanding dengan tipe investasi konvensional yang dikelola oleh instansi keuangan, seperti tabungan dan deposito, tingkat keamanannya lebih rawan. Sebab, investasi konvensional mempunyai legalitas yang pasti. Nyaris semua kelompok bisa ambil investasi konvensional, karna dana yang dibutukan bisa sesuai dengan keadaan keuangan.

Timbal balik yang di terima dari Investasi konvensional juga lebih jelas, walau nilainya begitu kecil dan di pengaruhi inflasi. Itu juga bisa di terima oleh nasabah kurun waktu yang lama.

Kelebihan investasi non konvensional yaitu belum begitu banyak pemain sebagai saingan Kamu. Oleh karenanya, peluang Kamu untuk untung juga semakin besar.


BERIKAN KOMENTAR