Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Merantau, Yuk Ikuti 4 Tips Berikut Ini!

Bekerja yaitu cara manusia untuk bertahan hidup. Bekerja juga dijadikan manusia jadi bentuk syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karna sudah diberi akal, fikiran, dan jiwa raga yang sehat. Dalam bekerja sebagian orang tidak buat pusing bentuk kerjaannya, yang penting halal, kerja apa pun akan dilakukan.

Tapi ada pula orang yang beberapa pilih dalam bekerja, karna terasa punya ketrampilan atau kenginan yang berbeda. Baiklah, itu tidak masalah. Yang penting semua bisa bekerja dan tak ada yang menganggur lagi.

Bicara masalah bekerja, banyak orang yang bukan sekedar bekerja di daerah atau kotanya saja. Sudah banyak orang yang pergi ke luar kota untuk memperoleh pekerjaan. Yang seperti ini akrab disebut merantau. Ya, merantau sudah jadi gaya hidup sebagian orang bahkan di lingkup sebuah keluarga.

Biasanya saat sudah lulus sekolah menengah atau lulus perguruan tinggi, beberapa orang yang mengambil keputusan untuk merantau. Terutama mereka yang datang dari daerah kecil.

Apakah merantau salah? Tidak. Hanya saja, jika kamu mengambil keputusan ingin merantau, lebih baik disiapkan dahulu. Jangan asal pergi ke tanah rantau, lalu disana belum tahu ingin kerja apa bahkan tinggal dimana. Karna bila seperti itu kelak yang rugi malah diri kamu sendiri.

Pastikan bila kamu memang ingin mengambil keputusan untuk merantau, indonesian free mempunyai beberapa tips sebelum merantau yang harus kamu punya. Check this out!

1. Keterampilan

Saat kamu merantau, maka akan menjumpai kehidupan baru. Lingkuan akan berbeda bahkan gaya hidupnya berbeda. Umpamanya saja kamu dari daerah Wonogiri, dimana daerah ini cukup kecil dan jauh dari keramaian. Gaya hidupnya juga sebagian besar sederhana. Lalu kamu mengambil keputusan untuk merantau ke Jakarta, yang mana gaya hidupnya begitu berbeda.

Dari sisi biaya hidup terang lebih mahal, belum juga hal-hal lain yang terkait dengan pergaulan.

Jelas, jika menginginkan merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta yang diperlukan pertama kalinya yaitu Keterampilan. Kenapa keterampilan perlu?

Karna ini yang akan kamu jadikan modal untuk bertahan hidup di tanah rantau. Dengan keterampilan inilah kamu dapat manfaatkannya untuk mencari pekerjaan atau berkarya di tanah rantau kelak. Hingga kamu dapat memperoleh pendapatan yang akan digunakan untuk hidup di perantauan.

“Kalau tidak miliki keterampilan bagaimana? ”

Bila tidak miliki ketrampilan, mending kamu belajar dulu di daerah kamu. Atau beberapa ikut pelatihan singkat. Terkecuali jika kamu sudah ditanggung mendapatkan pekerjaan di perantauan kelak. Dan pekerjaan itu sudah pas dengan kamu dan percaya akan dapat bertahan disana. Kalau sudah seperti itu, ya silahkan saja.

Namun dasarnya adalah keterampilan yaitu modal paling utama dan terpenting saat kamu ingin merantau.

2. Cepat Beradaptasi

Lalu saat kamu nanti sudah ada di perantauan, yakinkan bila kamu dapat cepat beradaptasi. Karna dengan ada di lingkungan yang baru, kamu mesti dapat menyesuaikan dengan cepat. Supaya kamu dapat juga berkembang di tanah rantau. Diluar itu juga bisa buat kamu kerasan disana.

Beberapa orang yang kembali pulang kampung karna tidak kuat di perantauan. Hal itu disebabkan karena tidak dapat menyesuaikan dengan lingkungan dan pola hidup yang baru.

3. Terbuka Dan Ingin Belajar

Kamu harus miliki pemikiran yang terbuka, karna kelak akan berjumpa dengan beberapa orang baru, kehidupan baru, pola hidup yang baru, dan lingkungan yang baru. Selain harus cepat menyesuaikan, kamu juga perlu mau menerima kehidupan baru mu dengan terbuka. Tapi ingat, kamu juga perlu dapat melindungi diri kamu dan memilah mana yang baik untuk diri mana yang buruk. Sehingga kamu dapat memperoleh hal baru, tanpa harus merugikan diri sendiri.

Diluar itu kamu harus juga ingin belajar.

Kalau sudah di sana, janganlah sebatas konsentrasi untuk mencari uang saja. Tetapi juga belajarlah akan beberapa hal baru yang berguna untuk diri kamu. Karena itu nanti dapat kamu jadikan bekal untuk bertahan hidup disana.

4.  Punya Tujuan

Dan yakinkan bila kamu merantau punya tujuan. Ingat, tujuan ini selain mencari uang. Karna mencari uang itu sudah menjadi keharusan. Nah, kamu dengan mencari uang di tanah rantau ini kelak tujuannya untuk apa. Apakah untuk beli tempat tinggal, untuk biaya nikah, untuk biaya haji, dan lain-lain. Itu terserah kamu, yang perlu harus punya tujuan.

Ini perlu soalnya supaya jadi motivasi dan tujuan kamu bekerja. Tentu kamu tidak mau selamanya hidup di perantauan, kecuali memang sejak dari awal sudah punya niat ingin menggunakan hidupnya di tanah rantau. Tapi apa pun itu, mempunyai maksud sangat perlu. Agar kamu kelak tidak sekadar mencari uang, lantas menghabiskannya begitu saja.

Di tanah rantau itu, sebisa mungkin harus hemat dan pintar mengelola uang.

Bekerja merantau itu memang perlu keberanian. Tidak sebatas mempunyai modal mental, namun juga harus mempunyai banyak hal yang sudah dituliskan diatas itu. Mudah-mudahan kamu yang ingin merantau, bisa berhasil di tanah perantauan. Dan jangan pernah lupa dengan kampung halaman. Sukses ya!


BERIKAN KOMENTAR