Cara Ini Bisa Membuat Berhenti Menganggap Gaji Kamu Selalu Kurang!

Sebenarnya, berapa sih gaji yang cukup untuk membiayai hidup kita sehari-hari? 5 juta? 10 juta? 20 juta? Atau bahkan di atas 50 juta? Meskipun cukup untuk makan sehari-hari, kenyataannya banyak orang yang selalu berasumsi pendapatannya masih saja kurang. Apa kamu juga merasakannya, Freeners? Boro-boro menabung, kamu malah mengeluh harus berhemat setiap akhir bulan.

Bila kita memperhatikan kondisi sekitar, ada saja orang dengan gaji hanya UMR dan terlihat cukup, dan disisi yang beda, kamu mungkin mungkin lihat pengusaha dengan banyak aset yang masih terus memperbanyak bisnisnya karna terasa kurang. Sirik dengan mereka? Wajar. Tetapi, sebelumnya lihat orang lain, kamu dapat melakukan hal semacam ini untuk berhenti berasumsi gajimu tetap kurang! Beginilah cara menganggap gaji cukup loh Freeners!

Membandingkan dengan Orang Lain

Selalu ada langit diatas langit. Kamu mungkin seringkali mendengar pepatah itu tetapi kurang mengerti kalau itu terjadi kepadamu. Saat baru lulus, kamu merasa cukup memperoleh penawaran gaji 5 juta untuk membiayai hidup. Tetapi mendengar ada rekan yang memperoleh gaji lebih dengan posisi yang sama kamu jadi terasa kurang dan ingin pindah ke kantor lain.

Tidak hanya bicara seputar gaji, kamu juga sering membandingkan diri dengan orang lain cuma berdasar pada apa yang tampak di sosial media. Contoh temanmu Riska yang selalu makan di cafe baru, Dara yang tidak pernah absen dateng ke konser musik, hingga Laura yang sering banget berlibur ke luar negeri! Bisa darimana ya uang untuk melakukan hal itu?

Kamu perlu ingat Freeners, tidak ada yang tahu pengorbanan orang lain di balik pencapaian yang sudah mereka peroleh. Mungkin dia berani malu ikut beragam kuis untuk memperoleh tiket, bekerja paruh waktu jadi food blogger sewaktu kamu asyik bermalas malasan, atau bahkan melakukan usaha trip yang jauh lebih melelahkan sampai tidak sempat jalan-jalan. Bila kamu selalu membandingkan diri dengan orang lain, kapan konsentrasi untuk mencapainya sendiri?

Kurangi Pengeluaran Tersier

Tanpa sadar, kamu sering mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu penting. Walau terjangkau, bila kamu beli es kopi susu setiap hari bisa juga menggerogoti dompetmu lho! Belum lagi pesan makanan hobi nontonmu setiap minggu. Sekali-kali coba deh puasa jajan dua minggu dan liat uang jajan tambahan kamu yang dapat dihemat!

Tingkatkan Gaya Hidup

Saat kuliah, kita merasa uang bulanan yang diberikan orangtua masih cukup sekedar untuk nonton dan mencoba cafe baru. Tetapi untuk berlibur sama teman-teman? Pikir-pikir sekali lagi deh. Berbeda dengan dunia kerja, kamu mungkin pergi berlibur setiap dua bulan sekali, tetapi untuk mencicil mobil dan beli hp terbaru? Kok rasa-rasanya susah ya?

Bersamaan dengan naiknya pemasukan, jadi akan ada pola hidup baru yang ingin kamu tingkatkan. Jika dulu kamu cukup dengan jam swatch kesayanganmu, saat ini mulai tergiur untuk beli jam tangan Marc Jacobs yang tampak lebih menawan. Handphone yang dahulu berperan sekedar untuk buka sosial media, ingin ditambah dengan kamera yang bagus untuk buat konten Instagram-mu. Bila diikuti terus-terusan, tidak akan ada habisnya Freeners. Baiknya, cermati juga pendapatan kamu dan sesuaikan dengan gaya hidup yang tidak terlalu berlebihan

Mengukur Kepemilikan Materi

Kamu punya lipstik berwarna nude, tetapi belum juga koleksi merk yang lain. Telah terbiasa naik transportasi online, lama-lama kepikiran juga untuk punya mobil sendiri. Kamu punya handphone tetapi bukan yang teranyar. Keinginan memang buat kita semangat untuk bekerja lebih giat Freeners. Tetapi, bila kamu selalu konsentrasi pada barang yang tidak kamu punyai, sebanyak apa pun gajimu, tidak akan pernah cukup untuk memenuhinya, Bela.

Walau klise, mensyukuri apa yang telah kamu punyai dapat jadi pengingat untuk bijak dalam membeli barang kebutuhan. Lagipula, kamu bisa lebih menghargai proses perjuangan untuk mendapatkannya dibanding repot mengoleksi barang yang cuma digunakan untuk kepuasan semata.

Mencari Pendapatan Sampingan

Walau telah lakukan beberapa hal diatas, tetapi kamu masih tetap merasa gaji yang didapat kurang, mungkin saja memang biaya kebutuhanmu lebih dari gaji yang kamu peroleh. Menanggung adik sekolah, kirim uang bulanan untuk orang-tua, dapat jadi alasan mengapa pendapatan kamu perlu ditambah. Janganlah cemas, Freeners tahu bila kamu dapat berpikir kreatif untuk memperoleh uang jajan tambaham. Sekarang ini, banyak banget langkah orang untuk memperoleh uang tambahan lho! Jadi penulis, photografer, atau usaha online dapat kamu coba. Jadi tidak ada alasan untuk kekurangan lagi kan?


BERIKAN KOMENTAR