Kamu Harus Dapat Bedakan Tanda-tanda Orang Pintar dan Sok Pintar Lewat 7 Hal Ini

Kecerdasan itu seperti penampilan, Freeners. Terkadang dapat menipu. Kamu perlu tahu apa sajakah tanda-tanda orang cerdas dan untuk membedakan mana orang yang benar-benar pintar dan yang dapat kamu percaya dengan orang yang berlagak sok pintar.

Kamu pasti bingung bagaimana cara mengetahui orang yang sok pintar? Tidak sulit kok membedakannya. Perhatikan saja tujuh indikator berikut ini dan kamu akan jadi ahli dalam menilainya apakah seorang memang pintar atau hanya sok pintar saja.

1. Suka Mengumpat

Mengumpat memang bukan rutinitas yang baik, Freeners. Tapi nyatanya menurut riset yang dimuat dalam jurnal Language Science, beberapa orang yang seringkali mengumpat dan menggunakan kalimat kasar umumnya lebih pintar dari umumnya orang, lho. Dulu memang ada asumsi kalau orang yang suka mengumpat itu biasanya kurang berpendidikan, pemalas, dan tidak dapat mengatur diri. Nah, riset ini malah memutarbalikkan teori itu. Bila kamu miliki kosakata umpatan yang luas, ini bermakna kemampuan verbalmu begitu baik.

2. Berpikir Dengan Cepat

Dalam masa teknologi moderen, kita dituntut untuk bekerja serba cepat. Tak tahu itu membalas e-mail, menyerahkan tugas, dan menelepon balik. Jadi beberapa orang yang bisa berfikir dan memberi respon dengan cepat akan jauh lebih disenangi. Sementara orang yang sok pintar umumnya akan mengulur-ulur waktu dengan beragam alasan, walau sebenarnya dia sedang bingung.

3. Berani Ambil Resiko

Orang yang betul-betul pandai malah suka mencari resiko. Walaupun banyak yang berasumsi mereka bodoh, naif, dan nekat, cuma orang pintar lah yang berani ambil resiko berbahaya. Ini karna mereka miliki kehausan untuk memperoleh pengalaman belajar yang memaksa mereka keluar dari zona nyaman. Begitu, mereka dapat memuaskan rasa penasaran mereka dan melatih diri untuk menguasai beragam kondisi. ‚Äč

4. Hobi Begadang

Mungkin kamu seringkali dengar yang satu ini. Jangan berkecil hati bila kamu sering ditegur orangtuamu karna tidur tengah malam dan bangun siang. Orang yang menyukai tidur sampai larut malam nyatanya relatif lebih kreatif dan pandai dari beberapa orang yang tidur cepat.

5. Sering Googling

Orang yang pandai tidak akan terlalu lama berdebat dan mengganggu orang yang lain dengan pertanyaan-pertanyaan simpel seperti, ” Seberapa jauh jarak dari kantor ke mal terdekat? ” dan ” Apa bedanya film drama dan film romantis? “. Mereka akan gerak cepat dan selekasnya mencari jawabannya di Google. Nah, bila orang sok pintar umumnya akan mengotot tapi tidak benar-benar miliki landasan yang kuat.

6. Tahu Kapan Seseorang Berbohong

Apakah kamu dapat segera mencium bau-bau kebohongan yang keluar dari mulut seseorang? Atau kamu seringkali dimintai pendapat orang lain untuk mengkaji satu kondisi? Pokoknya kamu jago banget deh, bermain detektif-detektifan. Bila iya, berarti kamu bukan hanya sok pintar.

7. Suka Main Game

Banyak yang berasumsi orang yang menyukai main game itu umumnya malas dan suka menunda-nunda. Tapi bermain game nyatanya memberi banyak faedah yang baik untuk kemampuan kognitifmu, lho. Diluar itu, game juga dapat tingkatkan kemampuanmu menalar, memecahkan problem, dan membaca arah. Lebih baik lagi bila kamu dapat mengaplikasikannya dengan baik dalam kehidupan nyata.

Tujuh tanda-tanda diatas memang tidak terduga, tapi itulah yang membedakan orang pintar dengan yang sok pintar. Kamu sendiri masuk kelompok yang mana nih, Freeners?