7 Hal Ini Wajib di Perhatikan Sebelum Melakukan Donor Darah

Bila dahulu donor darah belum populer menjadi kegiatan yang dilakukan dengan massal serta sukarela, akan tetapi kini seiring peningkatan penduduk tentang kesehatan, jadi donor darah bukan jadi perihal yang aneh dan sering dilakukan masyarakat seluruh dunia. Donor darah tidak hanya berguna untuk orang yang memerlukan transfusi darah, akan tetapi juga bermanfaat bagi pendonor seperti menurunkan resiko kerusakan organ hati serta pankreas, meningkatkan kesehatan jantung, kurangi obesitas serta ada banyak lagi yang lainnya.

Semua manfaat ini membuat kita seharusnya tidak ragu lagi untuk mendonorkan darah secara teratur. Supaya donor darah dapat berjalan dengan lancar, ada banyak tips sebelum donor darah yang dapat kamu lakukan sebagai langkah persiapan.

1. Mengurangi Minuman Mengandung Kafein

Beberapa minuman yang memiliki kandungan cafein seperti teh serta kopi mesti dijauhi sebelum melakukan donor darah karena dapat meningkatkan produksi urine sekaligus juga tingkatkan resiko dehidrasi. Diuretik adalah sifat zat yang ada pada minuman dan makanan seperti cafein yang akan meningkatkan kerja ginjal makin berat dan pada akhirnya sekresi urine juga makin bertambah. Diluar itu, konsumsi cafein terlalu berlebih akan menurunkan jumlah elektrolit di dalam tubuh hingga menurunkan stamina calon pendonor darah.

2. Hindari Makanan Berlemak

Tips sebelum donor darah setelah itu hindari makanan yang memiliki kandungan banyak lemak jahat yang menjadi pantangan makanan untuk pasien anemia. Hindari makanan tidak sehat ini sekurang-kurangnya mesti dikerjakan selama 24 jam sebelum mendonorkan darah karena akan berpengaruh pada tes darah yang dilakukan. Berlebihnya kadar lemak di pada tubuh akan menghambat kontrol penyakit menular di dalam tubuh hingga tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah.

3. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Tips sebelum donor darah pertama ialah memenuhi kebutuhan zat besi yang disebut elemen penting dari darah serta sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dari darah. Sumber zat besi yang bisa didapatkan dari makanan salah satunya ialah bayam, daging, ikan, gandum dan sereal yang sangat baik dikonsumsi sebelum melakukan donor darah.

4. Tidak Mengkosumsi Alkohol serta Obat

Mengkonsumsi alkohol sebelum donor darah akan memengaruhi reaksi tubuh saat pengambilan darah. Seseorang yang sedang dalam pengaruh alkohol tidak akan dapat bertahan saat proses donor darah sedang berjalan. Sedangkan mengkonsumsi obat obatan seperti obat untuk cara mengatasi darah tinggi ikut tidak disarankan karena dapat meningkatkan detak jantung yang nanti akan menghambat salah satu jenis donor darah yaitu donor plasma darah.

5. Minum Air serta Jus Buah

Konsumsi air dan jus buah lebih banyak jadi tips sebelum donor darah yang baik dikerjakan waktu malam serta pagi hari sebelum mendonorkan darah yang mengadung banyak vitamin penambah darah. Sekurang-kurangnya, kamu dapat minum 8 gelas air pada pagi hari akan tetapi jauhi minuman berkarbonasi atau bersoda serta lebih baik ditukar dengan jus yang jauh lebih sehat untuk tingkatkan kualitas darah.

6. Istirahat Cukup

Istirahat cukup yaitu tidur sangat penting dikerjakan sebelum melakukan donor darah dan mengatasi ciri ciri darah rendah kambuh. Setidaknya diperlukan tidur selama minimal 5 jam sebelum melakukan donor darah menjadi langkah mencegah terhadap gejala darah rendah serta pada akhirnya tidak memenuhi syarat untuk lakukan donor darah.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sangat penting di konsumsi sebelum donor darah yang bermanfaat untuk meningkatkan proses penyerapan zat besi dari asupan makanan. Beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi salah satunya ialah buah buahan penambah darah seperti jeruk, strawberry serta jambu biji dan berbagai sayuran penambah darah.

Itu 7 Tips Sebelum Donor Darah yang harus kalian lihat dan lakukan sebelum melakukan donor darah untuk mencegah dampak yang diakibatkan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diharapkan.