Sulit BAB Saat Puasa? Berikut 5 Tips Mencegah Sembelit Selama Bulan Ramadan

Berpuasa sebenarnya hal yang menyehatkan badan seseorang jika dikerjakan dengan benar dan menjaga asupan nutrisi pada tubuh. Namun seringkali, saat berpuasa seorang malah menanggung derita beberapa jenis penyakit yang pastinya akan mengganggu aktivitas hariannya.

Jenis penyakit yang seringkali dihadapi saat bulan puasa yaitu sembelit. Sembelit sendiri sesungguhnya bukanlah suatu penyakit, namun hal semacam ini cukup mengganggu. Sembelit bisa membuat perut merasa begah dan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu aktivitas.

Sembelit atau sulit buang air besar umumnya terjadi karna ada perubahan alur makan yang terjadi selama bulan puasa. Walau bukan termasuk penyakit, walau demikian jika dibiarkan terus sembelit berisiko mengakibatkan ambeien sampai kanker usus lho.

Nah untuk mencegah hal itu, berikut 5 tips agar BAB lancar saat bulan puasa.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Rasa-rasanya sudah menjadi pengetahuan umum kalau air putih atau mineral sangat penting untuk tubuh manusia. Terlebih saat berpuasa, dimana badan tidak konsumsi makanan maupun minuman selama berjam-jam. Kekurangan mineral bisa mengakibatkan sembelit. Untuk menghindarinya, kamu dapat mengaplikasikan pola minum 242. Dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat malam sampai menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Dengan mengaplikasikan pola minum itu, kamu dapat terlepas dari sembelit sepanjang bulan puasa.

2. Cukupi Keperluan Serat

Selain air putih, konsumsi makanan kaya serat sangat perlu untuk badan selama bulan puasa. Kamu dapat memperoleh serat dari sayur dan buah-buahan. Jadi jangan malas lagi konsumsi sayur dan buah-buahan supaya kamu terlepas dari sembelit.

3. Jauhi Makan Berlebihan

Umumnya orang akan lakukan ‘balas dendam‘ saat berbuka puasa dengan konsumsi banyak makanan. Atau mungkin dengan menaikkan porsi saat sahur supaya memiliki bekal yang cukup untuk berpuasa seharian. Namun nyatanya hal semacam ini tidak benar. Saat berpuasa badan lebih memerlukan kualitas konsumsi makanan di banding kuantitas makanan yang dikonsumsi. Jadi, mulai saat ini kamu harus seringkali memperhatikan gizi dan nutrisi yang didapat dari makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa agar saluran pencernaan kamu lebih lancar.

4. Kurangi Makanan dan Minuman Berkafein

Teh dan kopi adalah jenis minuman yang disukai banyak orang. Namun selama bulan puasa ini sebaiknya kamu kurangi konsumsi kedua jenis minuman itu. Pasalnya cafein dalam teh dan kopi malah bisa memperparah sembelit lho. Jika masih tetap menginginkan mengkonsumsinya, yakinkan kamu menyeimbangkannya dengan banyak minum air putih.

5. Berolahraga yang Teratur

Selain memperhatikan konsumsi makanan saat bulan puasa, kamu juga harus tetap melindungi kesehatan badan dengan olahraga. Dengan olahraga bukan hanya badan fresh saja yang kamu dapatkan, tapi juga sistem pencernaan yang lancar. Kamu dapat lakukan beberapa olahraga enteng seperti jalan cepat atau bersepeda selama 20-30 menit setiap harinya.


BERIKAN KOMENTAR