Kerutan Pada Leher Semakin Terlihat Jelas? Faktor Berikut Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Seperti kulit wajah, bagian leher juga tidak bebas dari kerutan. Tanda-tanda penuaan dini pada remaja dari kemunculan kerutan pada leher pastinya yaitu proses penuaan. Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen pada kulit akan berkurang dan berakibat pada minimnya elastisitas kulit.

Kulit akan jadi kendur dan garis-garis horizontal akan mulai bermunculan pada area leher.  Kulit leher yang kendur bisa jadi Salah satu tanda terjadinya penuaan dini. Selain faktor penuaan, ternyata ada banyak faktor lain yang bisa memperburuk kondisi ini. Apa saja penyebab penuaan dini pada remaja?

Paparan Sinar Matahari

Bagian leher seringkali terlewat saat pengaplikasian sunscreen. Akibatnya, bagian ini tidak mendapatkan perlindungan dari sinar UV. Memang sih, bagian leher lebih jarang tepapar matahari dibanding dengan wajah, tapi bukanlah berarti leher tidak memerlukan perlindungan sunscreen.

Terkena sinar matahari secara berlebihan adalah salah satu pemicu kerusakan pada kulit. Selain bisa mengakibatkan bintik hitam, sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada tekstur dan jaringan kulit. Radiasi sinar UV bisa juga merusak produksi kolagen dan mengurangi elastisitas kulit. Proses aging pada kulit pun jadi makin cepat dan kerutan pada leher akan mulai bermunculan.

Kurang Perawatan

Para wanita memang sudah makin peduli dengan pentingnya menjaga kulit wajah. Tapi, sayangnya banyak yang belum sadar juga akan pentingnya menjaga kulit leher. Perawatan wajah saja bisa mencapai 10 tahap, masa perawatan leher tidak ada satupun? Padahal sudah banyak lho cara mengatasi penuaan dini pada kulit wajah salah satunya dengan memakai neck cream sampai sheet mask.

Kamu bisa juga melakukan beragam perawatan yang disediakan klinik kecantikan seperti terapi laser, face-lifts, sampai derma fillers. Percaya deh, penampilan wajah akan jauh lebih fresh bila dilengkapi dengan kulit leher yang kencang dan bebas kerutan.

Kebiasaan Merokok

Tidak hanya buruk untuk kesehatan secara keseluruhan, merokok juga memiliki dampak buruk pada kulit. Merokok bisa mempercepat sistem penuaan pada kulit sampai mengakibatkan premature aging.

Akibatnya, kepadatan kulit juga akan berkurang dan kerutan pada leher akan lebih mudah terjadi. Tidak hanya itu, kandungan nikotin dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan menghalangi aliran darah yang membawa nutrisi untuk kulit.

Posisi Tidur

Menjaga posisi tidur adalah hal yang penting dilakukan kalau kamu ingin mencegah kerutan. Kalau kamu biasanya tidur menyamping, cobalah ubah posisi dan biasakan untuk tidur dengan terlentang.

Tidur menyamping akan memberi tekanan besar pada area wajah dan leher hingga bisa mengakibatkan kulit pada area leher jadi kendur. Pastikan setiap kali akan tidur kamu memakai bantal yang bisa menopang leher dan tidak tersisa jarak yang terlalu besar antara leher dan kasur. Hal tersebut bisa membantu mencegah terjadinya horizontal neck lines.

Baju yang Terlalu Ketat

Baju yang kita gunakan ternyata bisa juga mengakibatkan penyebab penuaan dini pada wajah dan timbulnya kerutan pada leher. kamu yang suka memakai atasan dengan jenis turtleneck baiknya lebih waspada dalam memilih baju. Pastikan baju yang kamu gunakan tidak terlalu ketat terutama pada area leher.

Kalau kulit leher terlalu sering memperoleh tekanan dari kerah baju yang dipakai, kulit akan jadi kendur. Selain itu, pilihlah baju dengan bahan yang lembut hingga bisa mengurangi gesekan antara baju dan kulit leher untuk mencegah proses penuaan dini umur 19 tahun dan penuaan dini pada pria.


BERIKAN KOMENTAR