5 Cara Hemat ala Mahasiswa Agar Bisa Makan Enak Hingga Akhir Bulan!

Bisa dibilang mahasiswa mempunyai kondisi perekonomian yang serba terbatas. Belum mempunyai pemasukan sendiri dan masih tetap tergantung dari pemberian orang-tua, mahasiswa juga harus lihai mengatur keuangan.

Tetapi, ada cara kok yang bisa kamu lakukan agar bisa makan enak terus walau uang bulanan terbatas! Apa saja cara hemat ala mahasiswa agar bisa makan enak sampai akhir bulan? check this out!

1. Jangan merasa kaya dan langsung makan enak saat awal bulan

Jauhi keinginan untuk langsung makan enak dan nongkrong ditempat fancy saat orangtua mengirim uang bulanan. Malah kamu harus tetaplah berhemat dan mensugesti diri kalau uangmu pas-pasan.

Dengan begini kamu bisa tetap adil membagi uang dan sukses makan enak dari awal sampai akhir bulan.

2. Buat target pengeluaran mingguan, umpamanya maksimal kamu bisa membelanjakan uang untuk makan Rp 150 ribu/minggu

Kamu perlu mengatur skema pengeluaran selama satu minggu agar tidak boros jajan. Cara paling mudah yaitu cukup membawa uang Rp 100 sampai 150 ribu di dompet. Hingga kamu tidak tergoda untuk menggesek kartu ATM atau jajan terlalu berlebih.

3. Walau uang terbatas, tapi batasi makan mi instan 1x dalam seminggu

Keuangan yang terbatas bukan berarti kamu harus menyiksa diri dengan konsumsi makanan yang tidak sehat. Batasi mengkonsumsi mi instan hanya 1 kali dalam seminggu.

Misalnya saja kamu berkomitmen untuk makan mi instan hanya pada hari minggu saja. Jadi hari yang lain kamu harus berjanji untuk hindari makanan ini.

4. Masak di kos dan bawa bekal makan siang ke kampus

Masak sendiri di kos mungkin saja cara ampuh untuk berhemat dan tetap makan enak. Kamu dan rekan-rekan kos bisa patungan uang makan setiap minggunya. Dengan begini kamu bisa membawa bekal ke kampus dan tidak perlu jajan lagi.

5. Selalu bawa air minum kemana pun agar hemat dan tidak butuh beli minuman

Selalu membawa air minum kemana sajakah itu sangat berguna lho. Kamu akan punya kebiasaan minum air putih dan tahu seberapa besar kebutuhan air putih yang telah kamu penuhi. Selain itu, rutinitas ini pasti akan buat hemat.

Dari pada tiap kali nongkrong beli minuman yang harganya bisa menjangkau belasan ribu, lebih baik kamu selalu membawa minum ke mana saja.


BERIKAN KOMENTAR