5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja

Hari pertama bekerja di kantor baru memang jadi peristiwa yang menegangkan. Kerapkali kamu kebingungan apa yang perlu dilakukan, apalagi tidak mengetahui siapa-siapa. Walau sebenarnya ini adalah hari yang cocok untuk memberi kesan pertama yang baik pada atasan dan beberapa rekanan kerjamu.

Nah, agar tidak salah langkah, itu 5 hal yang harus kamu kerjakan di hari pertama kerja di kantor baru :

1. Hadir tepat waktu

Baru hari pertama, saat kamu sudah hadir terlambat? Tidak ingin hal semacam ini terjadi kan, Freeners? Untuk bisa datang tepat waktu, yakinkan kamu sudah mengetahui berapa jarak tempuh dari rumah menuju kantor. Jika daerah kantor kamu populer dengan kemacetannya, lebih baik berangkat lebih pagi.

2. Gunakan pakaian formal

Sekarang ini banyak perusahaan yang membebaskan karyawannya dalam berbusana. Tetapi penting untuk kamu tunjukkan sisi profesional kamu di hari pertama. Maka, sebisa mungkin gunakan pakaian formal tetapi nyaman di hari pertama kerja. Pasti hal semacam ini akan jadi nilai lebih di mata atasan kamu.

3. Fokus mendengarkan dan buatlah catatan

Walau pekerjaan di kantor baru sama dengan di kantor lama, namun bukan berarti kamu jadi sok tahu. Berbeda kantor, beda juga aturan dan detailnya. Oleh karena itu, tetap fokus mendengarkan berbagai penjelasan dari atasan ataupun rekan kerja.

Selain itu, jangan sangsi untuk mencatat ya, Freeners. Selain bermanfaat jika kamu lupa, dengan mencatat, maka atasan serta rekanan kerja kamu akan memperoleh kesan bila kamu adalah seseorang yang inisiatif dan detil.

4. Jangan malu bertanya

Jadi karyawan baru, tentu yaitu hal yang wajar bila kamu banyak mengajukan pertanyaan. Maka jangan malu untuk bertanya pada atasan ataupun rekanan kerja. Selain memudahkan kerja kamu, itu juga bisa jadi cara untuk mengakrabkan diri dengan mereka.

5. Terima ajakan dari rekan kerja

Jangan malu-malu di hari pertama bekerja, Freeners. Kalau kamu di ajak untuk makan siang bersama, terimalah dengan senang hati, jangan cuma duduk sendirian di meja kerja. Jika ternyata hari pertama kerja kamu bertepatan dengan acara kumpul-kumpul kantor kamu, jangan sampai sangsi untuk turut serta berkenalan dengan beberapa rekan kerja yang lain.

Nah, kamu sudah mengetahui kan apa saja yang perlu dilakukan di hari pertama kerja di kantor baru?


BERIKAN KOMENTAR