Cara Belanja Aman di Online Shop Agar Terhindar dari Penipuan

Sekarang banyak orang memilih belanja online karena lebih praktis dan efisien karena kita tidak harus pergi ke suatu tempat untuk membeli dan memilih produk tertentu dan tidak merasakan antrian panjang dengan pengunjung yang lain. Ini adalah salah satu alasan mendasar mengapa banyak orang lebih suka belanja online.

Meskipun belanja online itu mudah dan praktis, jangan sampai kamu tertipu. Tidak sedikit konsumen tertipu ketika belanja online. Uang sudah ditransfer tapi barang tidak dikirim.

Untuk berhati-hati atau mengantisipasi agar tidak tertipu, berikut ini ada beberapa tips aman belanja online:

Pilih online shop yang dapat dipercaya

cara belanja online shopAda banyak online shop yang bisa kamu temukan. Ketika ingin mencari online shop terpercaya, Kamu dapat melihatnya dari testimony atau review dari pembeli. Kamu bisa menecek review tersebut melalui forum-forum diskusi belanja yang ada di Google atau Yahoo.

Selain itu, Kamu juga bisa memastikan alamat websitenya. Online shop yang memiliki alamat website diawali dengan dengan “https://” lebih aman dibandingkan dengan yang diawali dengan “http://” meskipun ini tidak selalu berlaku pada semua online shop.

Jangan mudah tergoda barang yang murah

cara belanja online shopAda banyak penawaran barang dari toko online dengan barang yang murah. Kamu jangan langsung percaya, Kebanyakan toko online yang melakukan kebohongan atau menipu memberikan iming-iming barang dengan harga murah yang bahkan kadang di luar kewajaran.

Gunakan cara pembayaran paling aman

Maraknya toko online penipu membuat kita sebagai customer harus selalu ekstra hati-hati. Ada beberapa cara pembayaran dalam belanja online yang bisa kamu pilih. Pilihlah yang paling aman misalnya dengan menggunakan layanan rekening bersama. Anda akan mengtransfer sejumlah uang dari harga barang yang kamu beli ke pihak perantara. Jika barang sudah diterima oleh kamu, uang yang kamu transfer akan dikirim ke penjual tersebut. Cara ini adalah salah satu solusi paling aman.

Gunakan komputer pribadi untuk bertransaksi

cara belanja online shopPecinta belanja online biasanya akan memilih mentransfer uang melalui i-banking karena lebih praktis. Kamu tidak perlu pergi untuk mencari ATM hanya untuk melakukan transfer. Yang perlu kamu perhatikan, gunakanlah komputer milik sendiri ketika bertransaksi. Kalau kamu tidak mempunyai komputer, Kamu bisa memilih menggunakan smartphone dengan layanan m-banking untuk bertransaksi. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kamu dari kejahatan dunia maya (cyber crime) yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Itulah beberapa tips aman belanja online. Semoga bermanfaat ya.


BERIKAN KOMENTAR