Cara Membuat Antena TV Sederhana Berkualitas Tinggi

cara membuat antena tv sederhana berkualitas tinggiKita sering kesal kalau sedang asyik-asyik nonton, tiba-tiba gambar menjadi berantakan. Entah karena cuaca atau memang kualitas antena yang kurang bagus. Kali ini kita akan mencoba mengulas cara membuat antena TV sederhana berkualitas tinggi gambar jernih tanpa semut. Ide kreatif ini muncul dari beberapa orang yang berkecimpung didunia elektronika, Kita bisa membuat antena TV sendiri dengan biaya yang cukup murah, terjangkau namun kualitasnya bagus.

Kita akan membuat Antena TV indoor ini dengan menggunakan bahan sederhana dengan harga yang murah dan mudah didapatkan. Selain itu dengan bahan-bahan ini nantinya gambar akan berkualitas tinggi dan hasil yang luar biasa.

Pembuatan antena TV sederhana ini bukan hanya di nilai dari segi ekonomi saja tetapi juga kita mampu berkreasi dan lebih kreatif dari hasil jerih tangan kita sendiri.

Tentunya itu juga akan menjadikan nilai dan makna tersendiri untuk kita saat proses pembuatan antena TV sederhana ini, apalagi jika kita telah melihat hasil yang cukup bagus maka kita pun akan semakin merasa puas atas karya kita sendiri.

Keuntungan kita membuat antena TV sederhana

Berikut adalah beberapa keuntungan membuat antena tv sederhana sendiri namun berkualitas tinggi

  • Biaya lebih murah dan terjangkau
  • Kita dapat mengatur besar kecilnya antena tv sederhana ini (dapat disesuaikan dengan ruangan atau kamar sesuai ukuran)
  • Tahan lama dan tidak mudah berkarat karena bahan yang digunakan adalah bahan aluminium

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat antena sederhana berkualitas tinggi. Berikut adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat antena sederhana sendiri.

  • Plat Aluminium dengan ukuran 1 meter atau secukupnya, biasanya kita bisa mendapat kan plat Aluminium ini di toko bangunan.
  • Kabel antena TV dan juga konektor antena TV, kita bisa mendapatkan di toko elektronik.
  • Baut dan paku secukupnya.
  • Gunting seng, obeng, dan tang.

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah potong plat Aluminium berbentuk persegi panjang dengan ukuran 50 cm X 35 cm yang akan kita buat sebagai penutup antena TV sederhana, sementara sisa plat kita potong dengan bentuk dan ukuran seperti berikut ini.

Cara Membuat Antena Tv Sederhana Berkualitas TinggiJika semua plat aluminium sudah di potong sesuai ukuran masing-masing, Selanjutnya rangkai plat aluminium tersebut seperti nampak berikut ini.

Cara Membuat Antena Tv Sederhana Berkualitas TinggiSementara pada bagian tuas atau inti antena antara palt aluminium 1 dan plat aluminium 2 disambung kan dengan kabel antena yang nantinya di hubungkan ke konektor antena TV. Untuk jarak dan penyambungan kabel seperti nampak berikut ini.

Cara Membuat Antena Tv Sederhana Berkualitas TinggiRangkailah semua plat aluminium menggunakan baut dan pasang dengan kencang agar plat aluminium antena TV sederhana tersebut tidak bergeser atau berubah posisi. Jika semua sudah selesai di rangkai maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Antena Tv Sederhana Berkualitas TinggiAntena TV sederhana sekarang sudah jadi. Periksa kembali dan pastikan semua plat aluminium menempel dengan kuat dan kencang agar plat aluminium tersebut kuat terhadap hembusan angin.

Jika antena TV sederhana tersebut kamu pasang di luar rumah, periksa juga untuk kabel antena menempel atau tersambung dengan plat aluminium dengan rapat dan kencang.

Kalau kamu ingin menambah perangkat tambahan atau booster, Atur posisi atau letak booster dekat dengan antena TV sederhana atau kurang lebih 1/2 sampai 1 meter dari antena TV sederhana tersebut.

Itulah cara membuat antena TV sederhana sendiri atau cara merakit antena TV sederhana, semoga bisa menambah wawasan kamu tentang dunia elektronik. semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Menarik Lainnya:


BERIKAN KOMENTAR