Cara Membuat Boneka Rajut Amigurumi Untuk Pemula

Amigurumi merupakan karya seni merajut/boneka rajut yang biasanya berbentuk hewan lucu dan makhluk antropomorfik. Amigurumi pertama kali dipopulerkan yaitu di Jepang, bahasa Jepang ami = kaitan atau rajutan, dan nuigurumi = boneka-boneka.

Selama beberapa abad Amigurumi ini sudah populer di Jepang, kemudian setetah populer di jepang amigurumi mulai disukai di negara-negara lain, terutama negara barat pada tahun 2003. Sampai saat ini Amigurumi mulai menarik perhatian kalangan perajut dan mulai dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi, antara $10 hingga $100. Kini bentuk amigurumi sudah mulai bervariasi dengan sentuhan kreativitas dari berbagai perajut.

Jika kamu mahir membuat amigurumi, kami bisa membuat banyak variasi amigurumi, seperti membuat boneka kecil amigurumi, amigurumi hello kitty dan lain-lain.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk belajar cara membuat boneka rajutan tangan Amigurumi yang lucu-lucu ini? Berikut Indonesian Free mencoba membuat tutorial belajar membuat amigurumi, semoga mudah dipahami dan bisa diikuti bahkan untuk pemula sekalipun.

Bahan dan alat untuk membuat Amigurumi :

  • Benang rajut. Sebagai contoh, gunakan benang katun lokal.
  • Alat hakken (alat merajut crochet). Untuk benang katun lokal, gunakan hakken ukuran 3/0-4/0.
  • Jarum lubang besar dan gunting
  • Dacron
  • Mata boneka atau mote.

Teknik yang digunakan untuk membuat Amigurumi peling sering dijumpai yaitu hanya menggunakan single crochet (sc). Jadi cukup mudah untuk diikuti, Kamu hanya mengikuti pola yang ada.

Cara Agar Belajar Amigurumi Jadi Lebih Mudah

Kita asumsikan kamu sudah mengetahui cara melakukan single crochet.

  1. Membaca Pola
    Masalah yang sering dihadapi saat belajar amigurumi adalah kesulitan membaca pola. Pola rajut terdiri dari 2 macam, antara lain pola gambar dan pola tulisan. Kamu dapat menggunakan pola mana saja yang menurut kamu mudah untuk dipahami. Tapi menurut kami, untuk amigurumi pola gambar lebih mudah untuk diikuti, dan kamu tinggal mengikuti nomor urutan langkah yang tertera di gambar dengan mudah.
  2. Tandai pola
    Supaya lebih mudah, coba copy pola yang akan kamu buat. Selanjutnya saat mengikuti langkah demi langkah, tandai pola yang sudah dibuat (coret dengan pensil). Misalnya pola melingkar, biasanya sudah tertera nomor putaran 1.., 2.., 3.., dan seterusnya. Nah, sambil mengerjakan, tandai dengan mencoret pola langkah demi langkah, supaya tidak salah putaran.
  3. Hitung setiap tusukan (stitch) pada setiap baris
    Untuk pemula, sebaiknya selalu menghitung jumlah stitch (tusukan) pada setiap baris langkah atau putaran dari tusukan pertama sampai tusukan terakhir pada baris/putaran. Jika jumlah hitungan salah, berarti ada yang salah pada baris/putaran sebelumnya. Ulangi dan hitung lagi dengan benar sesuai pola.
  4. Mengawali dan Mengakhiri Baris Rajutan
    Membuat Amigurumi sebenarnya sangat mudah. Tapi harus selalu diingat, saat mengawali baris/putaran, awali dengan ch (chain = rantai). Dan untuk mengakhiri baris/putaran, lakukan sl st (slip stitch = tusuk selip). Langkah ini dilakukan supaya hasil Amigurumi jadi lebih rapi dan mudah dalam membedakan baris awal (tidak kebablasan).
  5. Gunakan Alat Penanda (peniti rajut)
    Ini penting dilakukan supaya merajut amigurumi menjadi lebih mudah. Tandai tusukan awal dengan peniti rajut, terutama saat membuat pola melingkar supaya tidak kebablasan langkah.

Contoh Membuat Amigurumi

Mulai membuat Amigurumi step by step

Siapkan bahan dan alatnya :

  1. Benang rajut lokal (warna apa saja)
  2. Benang rajut lokal (warna putih)
  3. Benang rajut lokal (warna hitam)
  4. Hakken (hakpen) ukuran 3/0-4/0 atau 3mm
  5. Mote hitam ukuran 5mm dan 4mm untuk mata dan hidung
  6. Jarum lubang besar dan gunting
  7. Dacron.

cara membuat boneka rajut amigurumi

cara membuat boneka rajutan tanganPanduan Merajut Pola :

Membuat pola amigurumi boneka sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu mengikuti dan mengerti setiap step atau langkahnya.

  1. Kepala : rajut dengan benang warna pink.
  2. Badan : rajut dengan benang warna pink.
  3. Moncong : rajut dengan benang warna putih.
  4. Ekor : rajut dengan benang warna putih.
  5. Telinga : rajut 2x dengan benang warna pink.
  6. Tangan : rajut 2x dengan benang warna pink dan putih.
    -Baris 1 – 5, rajut dengan benang warna putih, sambung dengan benang pink.
    -Baris 6 – 9, lanjutkan dengan benang pink.
  7. Kaki : rajut 2x dengan benang warna pink dan putih.
    -Baris 1 – 7, rajut dengan benang putih, sambung dengan benang pink.
    -Baris 8 – 10, lanjutkan dengan benang pink.

cara membuat boneka rajut dari benang wolLangkah-langkah membuat Amigurumi:

  1. Buat/ rajut masing-masing bagian, seperti kepala, badan, telinga, moncong, tangan, kaki, dan ekor (ikuti seperti pola gambar diatas). Jangan lupa sisakan benang beberapa centimeter atau kurang lebih 20-25 cm, untuk menjahit/menyambung ke masing-masing bagian.
  2. Isi dengan dacron, kecuali telinga (lihat gambar tutorial 1-2).
  3. Jahit dan sambung masing-masing bagian pada posisinya masing-masing (lihat gambar tutorial 5), kecuali bagian moncong.
  4. Untuk bagian moncong: Gunakan benang rajut hitam, jahit mote hitam 4mm tepat ditengahnya, lalu sulam bagian mulut (lihat gambar tutorial 6-7).
  5. Posisikan moncong di bagian wajah dengan posisi yang benar, tandai dengan jarum pentul dahulu dan jangan dijahit dahulu. Lanjutkan dengan memasang bagian mata dengan benang hitam yang dibuat untuk memasang mulut dan hidung tadi. Setelah selesai, ikat dan matikan benang di bagian dalam moncong agar tidak terlihat.
  6. Langkah selanjutnya, jahit bagian moncong, isi dengan sedikit dacron.
  7. Amigurumi sudah jadi. Mudah bukan?

cara merajut boneka kecil

pola amigurumi boneka

boneka rajut jepang

pola rajutan boneka hello kittyTips : Langkah menyambung bagian kepala dan badan, jahit pada setiap lubang tusukan antara kepala dan badan. Karena biasanya pola kepala dan badan sudah dibuat sedemikian rupa supaya hasil akhir jumlah lubang (tusukan) keduanya sama.

 


BERIKAN KOMENTAR