Cara Translate Dokumen PDF atau Word Menggunakan Google Drive

Anak kuliah pasti sudah biasa mengerjakan tugas-tugas kuliah yang membutuhkan banyak referensi termasuk referensi yang sekarang lebih banyak menggunakan bahasa inggris. Jika kemampuan bahasa inggris tidak terlalu baik pastinya membutuhkan translator. Apalagi dokumen yang berbahasa inggris high level, pasti sangat penting menggunakan translator.

Alat translator yang paling terkenal adalah Google Translate, dulu mungkin tidak masalah untuk mentranslate bahasa ke Google Translate kalau hanya beberapa kalimat atau satu lembar tulisan. Tapi bagaimana jika satu buku? Tidak mungkin kan kalau copas semuanya di Google Translate untuk dapat terjemahannya.

Nah ternyata Google juga udah menyediakan alat ini, kali ini Indonesian free akan kasih tahu translator dukumen melalui Google Drive. Yuk manfaatkan akun gmail kamu sebaik mungkin. Google Drive bukan hanya bisa menyimpan file, tapi bisa juga mengedit dokumen. Salah satunya mentranslate.

Hal pertama yang kamu lakukan pasti buka dulu akun gmailnya, terus masuk ke google drive.

Cara Translate Dokumen dengan google driveSetelah masuk ke google drive, langsung upload file yang ingin kamu translate. kamu bisa membuat folder baru jika ingin menggabungkan data kamu ke data yang lain, atau langsung upload new file. Drag file yang ingin kamu translate ke google drive. Tunggu uploadnya selesai.

Cara Translate Dokumen dengan google drive

Jika sudah selesai diupload, klik kanan lalu klik Open With. Kemudian klik Google Docs.

Cara Translate Dokumen dengan google drive

Setelah dokumennya kebuka, klik Tool di toolbar atas. Pilih Translate Document.

Cara Translate Dokumen dengan google drivePilih dokumen yang ingin kamu diterjemahkan ke bahasa apa. Misalnya ingin translate ke Bahasa Indonesia.

Cara Translate Dokumen dengan google drive

Ini tampilan dokumen yang sudah ditranslate. Selanjutnya kamu bisa save, caranya klik File lalu klik Download. Pilih deh jenis formatnya, mau ke PDF atau ke Word, dan lain-lain.

Cara Translate Dokumen dengan google drive

Cara Translate Dokumen dengan google drive
Nah dokumen kamui sudah selesai di translate. Kamu tidak perlu copas semua data buku ke Google Translate. Meskipun alat translator ini gramaticalnya kurang bagus tapi masih tetap bisa membantu kamu menterjamahkan, langah selanjutnya kamu perbaiki sedikit yang tidak cocok dari hasil translatenya.

Untuk translate dokumen selain google drive kamu bisa langsung translate ke google translate

Cara Translate Dokumen dengan google driveCaranya lo masuk ke https://translate.google.com/ terus klik Translate Dokumen di bawah kotak translate.

Kemudian pilih dokumennya dengan klik Browse.

Cara Translate Dokumen dengan google driveSetelah dokumennya sudah dipilih, kamu bisa pilih bahasa apa untuk terjemahannya, lalu kamu tinggal klik Translate.

Cara Translate Dokumen dengan google drive


BERIKAN KOMENTAR