Baju Putih Kena Lunturan Baju Berwarna? Hilangkan Dengan Cara Ini Freeners

cara membersihkan noda luntur pakaianBaju kesayangan terkena noda luntur? Duh, pastinya bete banget ya Freeners. Warna baju yang tadinya cantik bisa langsung kusam dan jelek banget kalau sudah terkena noda luntur. Cara membersihkan noda luntur pakaian dengan cairan pemutih pun sering gagal, karena efeknya malah bisa membuat warna dan serat kain baju jadi semakin rusak tidak karuan.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba untuk mengatasi noda luntur pada baju kesayangan. Mulai dari pemakaian detergen dan mencampurkannya dengan beragam jenis bahan lainnya. Untuk lebih detilnya, yuk kita ikuti beberapa cara menghilangkan noda di baju berwarna.

Memakai Larutan Vetsin dan Detergen

Detergen saja terkadang kurang untuk mengatasi noda luntur. Cobalah kombinasikan dengan vetsin untuk menghilangkan noda di baju putih secara alami. Langkahnya sediakan ember bersih berisi air hangat, lalu larutkan vetsin dan deterjen dengan rasio 3 : 2. Rendam baju yang terkena noda luntur dalam larutan itu selama 30 menit (bisa lebih lama tergantung jenis dan tingkat kesulitan nodanya). Lalu bilas dengan air dingin, lalu cuci seperti biasa sampai bersih.

Memakai Baking Soda dan Detergen

Kalau noda lunturnya tidak terlalu parah, cara yang satu ini bisa dicoba. Campur baking soda dan detergen, lalu oleskan pada area baju yang terkena noda luntur. Lalu rendam seperti biasa, lalu kucek sampai bersih.

Memakai Bubuk Citrun dan Detergen

Bubuk citrun yang mudah ditemukan di pasaran juga dipercaya ampuh mengatasi noda luntur. Cukup larutan bubuk citrun dan detergen dengan air seperlunya. Lalu pakai sebagai air rendaman untuk baju yang terkena noda luntur, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas sampai bersih.

Memakai Cairan Alkohol

Untuk noda luntur yang diakibatkan oleh tinta, cairan alkohol bisa dipakai untuk mengatasinya. Gosokkan cairan alkohol seperlunya pada area baju yang bernoda, lalu kucek dalam larutan air detergen selama beberapa kali sampai nodanya hilang.

Memakai Irisan Jeruk Nipis

Kandungan asam buah jeruk nipis dipercaya bisa bantu atasi permasalahan noda luntur pada baju. Cobalah siapkan irisan jeruk nipis lalu gosokkan pada area yang bernoda, lalu bilas dengan air dan bersihkan pakai detergen seperti biasa. Kamu juga bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih dan hitam.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk cara menghilangkan baju kelunturan pada baju putih. Menghilangkan noda luntur memang gampang-gampang susah, tapi biasanya apabila makin sering dicuci dengan salah satu tips diatas, noda lunturnya biasanya juga akan hilang dengan sendirinya.


BERIKAN KOMENTAR