5 Teknologi ini Dapat Menggantikan Password dan di Nilai Lebih Efektif Loh!

Password atau kata sandi adalah gabungan huruf atau angka yang umumnya dipakai untuk mengamankan sebuah account sosial media ataupun smartphone dari beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Pastinya, untuk login ke account sosial media ataupun buka smartphone yang terproteksi, pengguna mesti memasukkan kata sandi yang benar.

Pada masa moderen seperti sekarang ini, pastinya password dinilai sudah ketinggal jaman karna tidak efektif. Selain pengguna diwajibkan buat dan mengingat kata sandi yang idel, pemakai harus juga memasukkan kata sandi setiap login dengan mengetikkan kata sandi itu.

Karena perkembangan teknologi, sebagian alternatif password saat ini mulai diperkembang dan diimplementasikan. Apa sajakah teknologi yang menggantikan password, yuk check daftar selengkapnya berikut ini.

1. Sensor Iris Mata

Teknologi ini pertama kalinya dikenalkan Microsoft lewat smartphone Lumia 950 dan Lumia 950 XL disusul Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung S8. Feature ini akan memakai iris mata pengguna jadi kode pengaman smartphone. Di ranah desktop ada juga teknologi seperti ini yang di kenal dengan nama Windows Hello, buatan Microsoft yang ditanamkan di OS Windows 10.

Berbeda dengan Face Recognition atau sensor pemindai wajah, iris scanner dinilai lebih akurat karna iris mata manusia berbentuk seperti sidik jari yaitu tidak bisa beralih dan tidak mempunyai kesamaan dengan orang yang lain. Dengan hal tersebut, teknologi ini dijamin aman dan tidak gampang dibobol.

2. Sensor Sidik Jari

Teknologi ini akan memindai permukaan jari pengguna dan menyimpannya ke database yang aman. Jika pengguna menginginkan buka smartphone, jadi pengguna cuma butuh menempelkan jarinya ke tempat sensor sesaat. Sekarang ini, teknologi sensor sidik jari mulai ramai digunakan jadi media absensi ataupun fitur keamanan di smartphone.

Tidak tutup kemungkinan jika nanti, untuk login ke sosial media ataupun menyepakati pembayaran di website berbelanja online, pengguna cuma butuh menempelkan jarinya. Pastinya langkah tersebut lebih efisien dan tidak mengambil alih waktu pengguna.

3. Password Manager

Sesuai namanya, teknologi ini akan menyimpan semuanya password pengguna dengan aman dan menggantinya cuma dengan 1 password saja. Berarti, jika kamu memiliki lebih dari 1 account misalnya sosial media, jadi aplikasi ini akan ganti semua password media sosialmu dengan 1 password saja. Hingga jika kamu ingin login kembali pada account media sosialmu, kamu cuma butuh memasukkan password yang didapatkan oleh aplikasi ini.

Aplikasi ini tidak akan ganti passwod media sosialmu secara real. Cuma saja jadi pengganti sesaat dan kamu tidaklah perluribet lagi mengingat semuanya kata sandi account media sosialmu.

 

4. Pemindai Wajah

Walapun teknologi ini seringkali dipandang dapat tidak akurat karna raut muka pengguna mungkin beralih dan tidak bekerja jika kurang cahaya, tetapi masih tetap ada OEM yang mengimplementasikan teknologi ini jadi satu diantara feature keamanan di produknya. Sebut saja Vivo V7, One Plus 5T, Apple Iphone X, Samsung Galaxy Note 8 dan LG Q6.

Pasti kekurangan teknologi peminda wajah atau face recognition ini dapat diatasi dengan sejumlah pengembangan. Misalnya Apple Iphone X yang mempunyai feature Face ID dan bisa bekerja meskipun dalam keadaan gelap.

Pastinya, akan begitu mempermudah pemakai untuk membuka smartphone mereka atau login ke sosial media cuma dengan memandang monitor smartphone.

 

 

 

5. Pengenal Suara

Teknologi ini dapat kamu jumpai pada aplikasi Google Assisten yang sangat mungkin kamu buka kunci smartphone cuma dengan nada kamu sendiri. Untuk mengggunakan feature ini, pastinya smartphone kamu harusnya terinstal Google Assisten dan mengaktifkannya.

Tentunya akan terlihat bagus jika untuk buka kunci smartphone, login ke sosial media ataupun menyetujui pembayaran di website berbelanja online cuma dengan nada kamu sendiri. Pastinya semakin lebih aman dan berkesan futuristik jika pemakai membuka kunci pengaman cuma dengan meyebutkan dengan kalimat tertentu.


BERIKAN KOMENTAR