Jenis Buah dan Sayuran Yang Menjadi Pilihan Makanan Penderita Asam Urat

67488

Tidak satu orangpun yang menginginkan penyakit, Apalagi jenis penyakit yang mempunyai pantangan tersendiri. Kali ini Indonesian Free akan mengulas makanan dan kumpulan buah penurun asam urat.

Penderita asam urat benar-benar di anjurkan agar menjaga pola makan, asam urat akan kambuh karena jika sembarang memakan makanan yang tidak sesuai. Pilihan makanan penderita asam urat harus benar-benar diperhatikan.

Oleh karena itu, Bagi penderita asam urat sebaiknya mengetahui makanan yang boleh di makan dan makanan yang haru dihindari.

Sangat penting bagi penderita penyakit asam urat untuk teliti memilih makanan yang sehat. Agar penyakit asam urat tidak semakin parah. Contoh makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat yang perlu diketahui seperti berikut ini.

Konsumsi Daun Sirsak

jenis sayuran untuk penderita asam urat daun sirsakIni adalah obat penyakit asam urat tradisional yang sejak jaman nenek moyang kita dipercaya sebagai makanan penyembuh asam urat. Keseluruhan zat gizi yang ada di dalam daun sirsak akan bekerja secara sinergis meredakan gejala dan mengobati penyakit asam urat dengan tuntas. Daun sirsak memiliki sifat anti-inflamasi (menekan peradangan) serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.

Daun sirsak mengandung zat gizi yang lengkap dan sangat mendukung sebagai obat penyakit asam urat, diantara berbagai kandungan tersebut terdapat fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan Vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida, serta asetogenin.

Konsumsi Buah Cherry

resep masakan untuk penderita asam urat dan kolesterol Buah CherryBuah ini juga buah penurun asam urat wanita maupun pria. Buah cherry merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit asam urat. Buah Cerry mengandung zat anti inflamasi sehingga berperan mencegah pengkristalan asam urat yang dapat mengganggu kesehatan.

Selain itu, buah ini juga akan menetralkan zat asam serta membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk meringankan serta mencegah penyakit asam urat, makanlah buah ini setidaknya 200 gram setiap hari.

Konsumsi Buah Apel

pilihan makanan penderita asam urat buah apelApel sangat berkhasiat sebagai salah satu buah untuk asam urat tinggi. Buah apel memiliki kemampuan menetralkan asam urat karena mengandung asam malat. Saat penderita asam urat mengonsumsi buah ini maka penyakitnya dapat terkontrol. Sebaiknya Konsumsi buah apel setidaknya 1 buah setiap hari agar penyakit asam urat yang diderita bisa lebih cepat diatasi.

Konsumsi Jeruk Nipis

makanan penurun asam urat dan kolesterol Jeruk NipisJeruk nipis adalah salah satu buah yang mempunyai rasa sangat asam. Tapi, kandungan asan sitrat yang ada di jeruk nipis dapat melarutkan asam urat sehingga gejala asam urat bisa diatasi. Sebaiknya minum air perasan jeruk nipis dua gelas setiap hari secara rutin. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

yogurt tomat kentang makanan penurun asam urat dengan cepatMakanan penghilang asam urat yang satu ini sering kita temui, Tidak sulit untuk mendapatkannya. Kentang salah satu makanan penurun asam urat dengan cepat. Makanan yang mengandung potasium tinggi juga baik untuk penderita asam urat seperti yogurt, tomat, dan kentang

Buah Yang Mengandung Banyak Vitamin C

pepaya straberry jeruk buah penurun kolesterol dengan cepatMenu makanan untuk penderita asam urat yang ini juga familiar dan mudah ditemukan. Yup, Buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin C juga sangat dianjurkan untuk penderita asam urat contohnya seperti buah pepaya, straberry, dan jeruk

Konsumsi Pisang

pisang pepaya straberry jeruk makanan penyembuh asam uratTernyata pisang juga sejak dulu dipercaya sebagai resep masakan untuk penderita asam urat dan kolesterol lho. Pisang juga masuk dalam daftar makanan untuk penderita asam urat yang sanagt baik bila dikonsumsi. Konsumsilah 4 hingga 8 buah pisang setiap hari untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri sendi.

Perbanyak Konsumsi Makanan Ber-karbohidrat

makanan berkarbohidrat jenis makanan untuk menurunkan asam uratPenderita asam urat juga harus memenuhi kandungan karbohidrat dalam tubuhnya, contoh sumber makanan yang kaya akan karbohidrat.

Berikut Makanan Yang Harus Dihindari Makan Bagi Penderita Asam Urat

makanan siap saji pantangan bagi penyakit asam urat

Makanan siap saji memang cukup menggugah selera, Tapi makanan siap ini menjadi pantangan bagi penyakit asam urat karena mengadung bahan-bahan yang tidak dianjurkan oleh medis. Berikut adalah jenis makanan untuk menurunkan asam yang harus dihindari.

  • Makanan siap saji atau makanan yang sudah dikalengkan seperti kornet sapi, sarden dan sejenisnya
  • Hindari jenis sayuran untuk penderita asam urat. seperti buncis, jamur kuping, kembang kol, bayam, asparagus, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Hindari Makanan yang kaya protein dan lemak
  • Hindari Makanan Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Hindari Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  • Hindari makanan yang digoreng dengan menggunakan margarin atau mentega dan makanan bersantan.
  • Hindari Seafood seperti kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden, udang, cumi-cumi, sotong, Bebek, angsa dan kalkun
  • Hindari Buah-buahan seperti durian, nanas dan air kelapa
  • HIndari Jeroan : babat, usus, hati, paru, ginjal, limpa, Daging kambing, daging sapi, dan daging kuda
  • HIndari Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental

Aktivitas Yang Perlu dihindari

bekerja terlalu keras pantangan bagi penyakit asam urat

Pantangan bagi penyakit asam urat selain dari segi makanan juga dari segi aktivitas, Hindari Stres dalam bekerja. Berikut aktivitas yang harus dihindari penderita asam urat.

  • Jangan bekerja terlalu keras atau terlalu kelelahan.
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, Oleh karena itu, Orang gemuk sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.